Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu yang Istimewa, Gurih dan Enak

Apa jadinya jika sajian kue lumpur dibuat dari ubi ungu yang enak? Nah, kali ini kami berikan resep kue lumpur sedap dan mudah untuk dibuat dirumah. Ingin tahu seperti apa resep kue lumpur ubi ungu yang istimewa? Simak resepnya dibawah ini.

kue-lumpur-ubi-ungu.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu yang Istimewa, Gurih dan Enak

Review

4.8 review 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu yang Istimewa, Gurih dan Enak

Bahan-Bahan Kue:

  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin
  • 200 gram ubi ungu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram kelapa muda
  • 200 ml air
  • 6 butir telur
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu yang Istimewa, Gurih dan Enak

Cara Persiapan:

  1. Persiapan menjadi hal penting yang perlu untuk dilakukan kali ini karena dengan langkah ini maka nantinya anda akan terbantu untuk dapat membuat adonan dengan lebih mudah. Adapun beberapa peralatan yang diperlukan diantaranya adalah sebuah panci untuk merebus margarin, cetakan kue lumpur, mixer untuk membuat adonan dan sebuah baskom. Pastikan beberapa peralatan ini dipersiapkan dengan baik agar anda dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana.
  2. Setelah selesai dengan peralatan lanjutkan langkah kali ini dengan mengolesi cetakan kue lumpur dengan menggunakan margarin. Hal ini dilakukan untuk menghindari cetakan yang lengket dan membuat adonan menjadi sulit untuk dikeluarkan.
  3. Bila sudah selesai dengan cara diatas, lanjutkan dengan membersihkan ubi ungu dengan menggunakan air bersih secara merata sampai bersih dan kotoran dihilangkan dengan baik.
  4. Kemudian, potong-potong ubi ungu dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam panci dan isikan air kedalamnya. Rebus sajian ini sampai matang dan ubi menjadi lebih lembut dan lembek.
  5. Angkat ubi yang sudah matang, lalu masukkan dalam wadah atau langsung pada mesin pelembut makanan. Kemudian haluskan sajian ini saat masih panas agar mudah lembut.
  6. Setelah itu, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda memasukkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  7. Terakhir adalah dengan mengeruk kelapa muda atau degan dengan menggunakan sendok secara merata. Tampung dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk Membuat sajian ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah panci dan rebus air bersama dengan margarin secara merata. Lalu tambahkan kedalamnya gula bersama dengan garam. Aduk-aduk sajian ini secara merata hingga tercampur dan mendidih secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan tepung terigu kedalam adonan yang sedang direbus. Aduk-aduk sajian ini hingga kalis dan tercampur secara merata. Angkat sajian ini.
  3. Lalu tambahkan segera dengan ubi ungu yang sudah anda siapkan sebelumnya. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata. Kemudian aduk merata sampai lumat.
  4. Masukkan telur kedalam adonan ini saat sudah dingin dengan perlahan satu demi satu bergantian dengan memasukan santan lalu aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata.
  5. Tuangkan adonan kedalam cetakan lumpur yang sudah dipanaskan. Lalu masak sajian ini sampai setengah matang dan tutupi bagian atasnya secara merata.
  6. Buka penutup dan taburi bagian atas sajian ini dengan menggunakan kerokan kelapa muda yang sudah kita buat sebelumnya. Tutup kembali dan masak sajian ini sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini ketika masih hangat.

Yuk, berbagi resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.  

loading...