Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Telur yang Lembut, Gurih, Enak dan Mengembang

Hidangan kue lumpur umumnya selalu menggunakan telur sebagai bahan pengembangnya. Akan tetapi kali ini kami akan menyajikan hidangan kue lumpur tanpa menggunakan telur. Yuk, simak resep kue lumpur tanpa kentang yang lembut dibawah ini.

kue-lumpur-tanpa-telur.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Telur yang Lembut, Gurih, Enak dan Mengembang

Review

4.8 review 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Tanpa Telur yang Lembut, Gurih, Enak dan Mengembang

Bahan-Bahan Kue:

  • 500 gr tepung terigu
  • 500 gr terigu
  • 850 ml santan cair
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 250 gr kentang
  • 250 gr margarine

Bahan Pelengkap:

  • Susu kental manis
  • Potongan kurma

Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Telur yang Lembut, Gurih, Enak dan Mengembang

Cara Persiapan:

  1. Silahkan awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa perlatan yang akan anda butuhkan untuk membuat sajian kali ini. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah cetakan kue lumpur, beberapa baskom, sebuah mixer, sebuah kocokan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat adonan kali ini dirumah. Untuk itu, pastikan bila anda anda tidak melewatkan langkah kali ini.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lumuri cetakan kue lumpur dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar cetakan yang anda gunakan tidak lengket atau sulit untuk dikeluarkan. Untuk itu, silahkan olesi cetakan ini dengan tipis dan merata. Setelah itu, sisihkan sementara.
  3. Bila sudah selesai, silahkan cairkan margarin dalam wajan yang dipanaskan. Caranya, panaskan terlebih dahulu wajan dengan menggunakan api yang sedang pada kompor. Lalu masukkan margarin kedalamnya. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata dan masak sampai mencair. Lalu angkat dan sisihkan sementara.
  4. Kemudian lanjutkan cara ini dengan membersihkan kentang yang sudah anda persiapkan dengan menggunakan air bersih. Pastikan kotoran tanah yang terdapat pada kentang dapat dibersihkan dengan merata.
  5. Bila sudah selesai, silahkan potong-potong kentang dengan asal dan masukkan dalam panci yang diisi dengan air. Lalu masak air dan rebus kentang sampai matang hingga empuk dan lebih lmbut.
  6. Angkat kentang yang sudah matang dan masukkan dalam mesin penghalus atau pada wadah. Ulek dan haluskan bahan ini secara merata dengan menggunakan ulekan sampai tidak berbutir dan teksturnya benar-benar lembut.
  7. Masukkan kentang yang sudah halus dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat adonan ini dapat dilakukan dengan mempersiapkan sebuah wadah dan masukkan kedalamnya kentang bersama dengan margarin yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk semua bahan ini dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang rendah.
  2. Lalu tambahkan santan cair kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata. Lalu tambahkan gula bersama dengan garam dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini merata.
  3. Terakhir, silahkan masukkan tepung terigu kedalamnya dan aduk-aduk kembali hingga semua bahan ini tercampur dan teraduk secara merata. Gunakan kecepatan rendah pada mixer pada saat anda mengaduk bahan ini agar tepung tidak berantakan atau membuat adonan yang anda kocok menjadi berantakan.
  4. Setelah selesai, silahkan panaskan cetakan kue lumpur yang sudah diolesi dengan menggunakan margarin diatas kompor.
  5. Tuangkan adonan kedalamnya dan lakukan hal yang sama pada adonan yang masih tersisa sampai memenuhi cetakan kue lumpur. Masak sajian ini sampai setengah matang dan tutupi bagian atasnya.
  6. Lalu taburkan bahan taburan dibagian atasnya dan masak kembali sampai semua bahan ini menjadi lebih matang secara merata dan berwarna kecoklatan.

Bila sudah matang angkat dan sajikan bersama dengan kalurga.

Info Menarik
loading...
loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat