Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Susu yang Gurih, Sederhana, Lembut dan Enak

Lezatnya hidangan kue lumpur kentang susu adalah sajian yang patut untuk dicoba dirumah. Yuk sajikan resep kue lumpur kentang susu yang enak dibawah ini. Ingin tahu seperti apa resep kue lumpur kentang susu yang enak? Maka mari simak mudahnya resep sajian kali ini. 

kue-lumpur-susu.PNG

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Susu yang Gurih, Sederhana, Lembut dan Enak

Review

4.8 review 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Kentang Susu yang Gurih, Sederhana, Lembut dan Enak

Bahan Kering:

  • 500 gram Tepung terigu
  • 1/2 sendok teh  Vanili
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 250 gram Gula pasir

Bahan Basah:

  • 250 gram Kentang
  • 4 butir Telur ayam
  • 250 gram Margarin
  • 850 ml Susu segar

Bahan Pelengkap:

  • Kismis
  • Keju cheddar, parut

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Susu yang Gurih, Sederhana, Lembut dan Enak

Cara Persiapan:

  1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan dan semua bahan yang tercantum pada resep. Langkah ini menjadi langkah penting untuk dilakukan karena dengan begini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih praktis. Untuk itu, mengingat pentingnya langkah kali in maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini. Adapun beberap peralatan yang mungkin anda butuhkan untuk membuat sajian kali ini adalah sebuah cetakan kue lumpur, sebuah baskom, sebuah kocokan kawat atau stainless dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat sajian kali ini.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, langkah selanjutnya dapat dilakukan dengan mengolesi loyang atau cetakan kue lumpur dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar nantinya cetakan tidak lengket pada saat anda menuangkan adonan kedalamnya.
  3. Selesai dengan langkah diatas, silahkan lanjutkan dengan mencairkan margarin dalam wajan yang dipanaskan. Lalu tunggu dan diamkan sampai bahan ini menjadi lebih cair dan leleh secara merata.
  4. Selanjutnya, bersihkan kentang dari kotorannya dan cuci dengan menggunakan air bersih secara merata. Pastikan jika kulit kentang sudah dibersihkan dari kotoran atau tanah yang mungkin menempel.
  5. Setelah itu, potong-potong kentang dan masukkan dalam panci yang berisi air. Lalu rebus bahan ini didalamnya dengan menggunakan api yang sedang sampai matang dan lebih halus secara merata.
  6. Bila kentang sudah matang, angkat sajian ini dan haluskan dengan menggunakan mesin penghalus secara merata hingga bahan ini benar-benar tidak berbutir.
  7. Masukkan kentang yang telah dihaluskan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampur sajian ini dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat sajian ini silahkan siapkan sebuah baskom dan masukkan kedalamnya telur bersama dengan vanili dan juga gula pasir. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk secara merata. Gunakan kocokan kawat tadi atau anda juga bisa menggunakan mixer pada saat mengaduk sajian ini. Aduk sampai mengembang dan mengental kurang lebih selama 10 menit.
  2. Tuangkan kentang kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  3. Setelah itu, masukkan tepung terigu kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata dan lebih mengental.
  4. Masukkan garam bersma dengan margarin yang telah dicairkan dan juga susu. Aduk-aduk kembali dengan perlahan sampai semua bahan ini tercampur merata dan mengental.
  5. Lalu, panaskan cetakan kue lumpur yang sudah diolesi dengan menggunakan margarin dan uangkan adonan kedalamnya secara merata. Tutupi adonan dan masak sajian ini sampai setengah matang.
  6. Setelah itu, masukkan bahan taburan dibagian atasnya dan tutupi kembali lalu masak sajian ini sampai matang dan lebih berwarna kecoklatan.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula opini anda tentang resep ini.

loading...