Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Susu Kental Manis yang Gurih dan Enak

Hidangan kue lumpur kentang susu kental manis adalah hidangan yang enak dan mudah untuk dibuat. Sajian ini pun akan bisa anda praktikan dirumah dengan mudah. Ingin tahu seperti apa resep kue lumpur kentang susu kental manis yang enak? Simak resep udahnya dibawah ini.

kue-lumpur-susu-kental-manis.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Susu Kental Manis yang Gurih dan Enak

Review

4.7 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

25 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Kentang Susu Kental Manis yang Gurih dan Enak

Bahan-Bahan Kering:

  • 500 gram Tepung terigu
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 250 gram Gula pasir
  • 1/2 sendok teh  Vanili

Bahan-Bahan Basah:

  • 250 gram Kentang
  • 250 gram Margarin
  • 850 ml Susu segar
  • 4 butir Telur ayam

Bahan Pelengkap:

  • Secukupnya susu kental manis
  • Kismis

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Susu Kental Manis yang Gurih dan Enak

Cara Persiapan:

  1. Penting sekali mengawali langkah kali ini dengan melakukan persiapan. Hal ini dikarenakan persiapan akan sangat anda perlukan sebelum membuat adonan karena dengan begini maka anda akan dapat membuat sajian kali ini dengan lebih mudah dan lebih praktis. Untuk itu, pastikan bila langkah kali ini tidak dilewatkan begitu saja. Adapun persiapan yang pertama adalah peralatan, beberapa peralatan yang anda butuhkan diantaranya adalah beberapa buah baskom, garpu atau spatula kecil untuk mengangkat adonan yang sudah jadi, sebuah mixer dan cetakan kue lumpur. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda dapat melanjutkan pada cara selanjutnya.
  2. Selanjutnya adalah dengan mengolesi loyang kue lumpur dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini penting dilakukan agar loyang atau cetakan kue lumpur tidak lengket pada saat akan digunakan. Untuk itu, pastikan bila anda mengolesi peralatan ini dengan baik dan merata.
  3. Selanjutnya, panaskan margarin diatas wajan yang sudah dipanaskan. Hal ini dilakukan agar margarin menjadi lebih leleh dan lebih mudah dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.
  4. Bila sudah selesia, rebus kentang dan bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih dan cuci bahan ini secara merata.
  5. Masukkan kentang kedalam panci dan masukkan air kedalamnya. Lalu rebus sajian ini dalam panci sampai matang dan teksturnya menjadi lebih lembut secara merata.
  6. Angkat kentang yang sudah lembut dan haluskan dengan menggunakan mesin penghalus sampai teksturnya benar-benar lembut tanpa ada butiran yang masih tersisa. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat sajian ini silahkan masukkan beberapa bahan kedalam wadah seperti telur, vanili, dan juga gula pasir. Aduk-aduk dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang tinggi sampai semua bahan ini tercampur dan lebih mengembang secara merata.
  2. Selanjutnya, silahkan masukkan kentang kedalam adonan dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan tersebut merata dan mengental dengan perlahan.
  3. Tambahkan tepung terigu dan aduk-aduk kembali sampai semu bahan ini tercampur dan larut dengan adonan yang anda masukkan sebelumnya.
  4. Tuangkan pula susu, margarin dan juga garam kedalamnya adonan dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata hingga mengental.
  5. Panaskan cetakan kue lumpur yang sudah anda olesi sebelumnya dan masukkan adonan kedalamnya dengan perlahan dan merata. Penuhi cetakan sampai 3/4 hampir penuh. Lalu lakukan hal yang sama pada adonan yang masih tersisa.
  6. Panggang dan masak adonan sampai setengah matang, lalu berikan susu kental manis dibagian atasnya dan taburi dengan potongan kismis yang sudah anda siapkan. Tutup kembali dan masak hidangan ini sampai matang.

Setelah itu, angkat dan sajikan dalam piring saji anda dapat menuangkan susu kental manis lebih banyak dibagian atasnya kembali.

loading...