Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras yang Paling Enak, Lezat, Manis dan Kenyal

Kue lapis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang begitu disukai banyak orang karena terkenal kelezatannya dan rasanya yang khas. Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal yang biasanya memiliki warna yang menarik dan berbeda yang disusun dengan berlapis.  Kue ini dibuat dengan campuran bahan, dengan bahan utamanya yaitu tepung beras.

Kue lapis tepung beras cocok disajikan diberbagai acara atau untuk cemilan di sore hari. Enak dan manisnya kue ini akan senantiasa memanjakan lidah anda dan keluarga.

Berikut ini resep dan cara membuat kue lapis tepung beras yang bisa anda simak.

Kue Lapis Tepung Beras

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras yang Paling Enak, Lezat, Manis dan Kenyal

Review

4.7 review 335

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Potong

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Lapis Tepung Beras yang Paling Enak, Lezat, Manis dan Kenyal

  • 185 gram tepung beras
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 7 tetes pewarna hijau
  • 800 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa
  • 1/8 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras yang Paling Enak, Lezat, Manis dan Kenyal

Cara Membuat Adonan Kue Lapis Tepung Beras

  1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan bahan-bahan seperti misalkan tepung beras, garam, gula dan vanili bubuk. Aduk sampai merata campuran bahan tersebut.
  2. Ambil santan yang sudah anda siapkan. Kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk-aduk sampai merata dan adonan  licin.
  3. Apabila adonan sudah selesai dibuat, silahkan bagi adonan tersebut menjadi dua bagian. Tambahkan pewarna makanan hijau ke dalam salah satu adonan. Lalu aduk-aduk sampai merata. Sedangkan untuk adonan yang lainnya dibiarkan berwarna putih.
  4. Jika sudah sisihkan adonan terlebih dahulu.

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras

  1. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus kue lapis kali ini. Kemudian olesi loyang dengan menggunakan minyak dan alasi dengan alas plastik. Setelah itu, panaskan loyang tersebut dalam kukusan yang sudah anda siapkan. Tunggu sampai loyang benar-benar panas.
  2. Setelah panas, tuangkan sedikit adonan putih ke dalam loyang. Kukus adonan selama kurang lebih 5 menit  atau sampai tekstur adonan menjadi mengeras.
  3. Jika sudah seperti itu, tuangkan kembali adonan. Namun adonan kedua yang dituangkan kali ini yaitu adonan berwarna hijau. Tuangkan adonan hijau ini di atas adonan putih. Kukus sampai teksturnya keras.
  4. Jika adonan hijau sudah mengeras, kembali tambahkan adonan putih. Kukus kembali sampai mengeras. Lakukan langkah yang sama dan berulang dengan selang seling adonan hingga adonan habis.
  5. Setelah adonan habis, agar kue lapis yang anda buat ini benar-benar matang, anda harus mengukusnya selama kurang lebih 10 menit.
  6. Kemudian setelah kue matang, matikan kompor dan angkat. Diamkan beberapa saat hingga kue dingin. Setelah dingin potong-potong dengan ukuran dan bentuk sesuai selera anda.
  7. Terakhir, anda bisa langsung menyajikannya pada piring atau tempat saji yang sebelumnya sudah anda siapkan.

KUE LAPIS TEPUNG BERAS PENYAJIAN

Saran Penyajian Kue Lapis Tepung Beras

  1. Setelah kue lapis matang, silahkan anda memotong-motongnya. Anda dapat memotong-motongnya sesuai dengan selera atau sesuai dengan kebutuhan.
  2. Siapkan tempat saji atau piring saji yang akan digunakan untuk menyajikan kue lapis ini. Ambil beberapa potong kue lapis dan sajikan pada tempat saji yang sudah anda siapkan. Jika kue lapis ini anda jadikan sebagai kudapan untuk menjamu tamu ataupun orang spesial, agar tampilannya lebih menarik anda bisa menatanya dengan rapi di atas piring saji.
  3. Kue lapis tepung beras ini memiliki rasa yang manis. Yang mana untuk menambah kenikmatannya, ketika menyantap kue ini anda bisa menemaninya dengan teh hangat. Karena kue lapis sudah memiliki rasa yang manis, disarankan untuk memilih teh tawar hangat sebagai temannya.
  4. Jika suka, anda bisa menyajikan kue lapis ini dalam keadaan dingin.

Tips Membuat Kue Lapis Tepung Beras

  1. Kue lapis sebenarnya bisa dibedakan dari warnanya. Meskipun kue ini terlihat sederhana tetapi dalam membuatnya diperlukan trik agar didapatkan hasil kue yang sempurna. Berikut ini tips dan trik membuat kue lapis tepung beras:
  2. Kue lapis terbuat dari tepung beras, tepung kanji  ataupun perpaduan dari kedua bahan tersebut. Namun, untuk mendapatkan variasi kue lapis yang berbeda dari biasanya anda bisa memadukan keduanya dengan bahan-bahan yang lainnya seperti misalkan singkong atau ubi.
  3. Dalam membuat adonan kue lapis beberapa hal perlu anda perhatikan. Ketika membuat adonan beberapa di antaranya ada yang harus di keplok atau diuleni agar menghasilkan adonan yang lembut. Pada saat anda menuangkan adonan cair, sebaiknya tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Ini dilakukan supaya adonan yang anda buat tidak bergerindil dan menghasilkan adonan yang licin. Setelah membuat adonan selesai, anda bisa membagi adonan menjadi beberapa bagian untuk diberikan warna sesuai dengan selera. Anda pun bisa menambahkan perasa makanan, baik itu pandan, coklat, susu dan lain sebagainya. Warna-warna yang berbeda dari adonan ini akan membuat lapisan dari kue lapis ini terlihat lebih jelas.
  4. Lapisan kue tradisional lapis ini dibuat banyak. Yang mana untuk setiap lapisan dibuat tipis-tipis.  Namun, anda juga bisa membuat lapisan yang agak tebal sesuai dengan selera anda. Hanya saja jangan membuat lapisan yang tebal dan tidak terlalu besar. Cukup dua lapis saja atau hanya bagian bawah dan atas yang tebal.
  5. Untuk mengukus atau memanggang kue lapis anda bisa memanfaatkan loyang loaf, loyang berbentuk kotak yang memiliki ukuran besar atau cucing-cucing. Agar adonan tidak rapat ketika dituangkan ke dalam loyang alangkah lebih baik untuk mengoleskan minyak goreng atau margarin secukupnya sampai merata pada loyang. Atau anda bisa mengalasi loyang dengan menggunakan plastik ataupun daun pisang.
  6. Ketika mengukus kue lapis, sebaiknya gunakan panci kukus yang memiliki lubang kecil. Namun alangkah lebih baik lagi jika anda memilih panci kukus yang memiliki tutup kaca.
  7. Dalam membuat lapisan demi lapisan kue lapis, anda harus memperhatikan kematangan dari lapisan yang pertama sebelum menuangkan adonan selanjutnya.
  8. Untuk lapisan yang terakhir, kukus agak lama agar kue yang dihasilkan matang sempurna.
  9. Untuk menciptakan rasa yang lebih spesial dan istimewa, anda bisa menambahkan bahan-bahan yang lainnya sesuai dengan selera anda dalam setiap lapisannya seperti misalkan buah nangka, kacang almond, kenari atau lain sebagainya.

Selamat  mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share atau membagikan resep ini kepada teman-teman anda.

loading...
loading...