Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Susu Khas Palembang yang Spesial dan Lezat

Palembang memiliki beragam kue khas yang begitu lezat dan nikmat. Salah satu kue khas Palembang yang sangat menggugah selera yaitu kue lapis susu maksuba. Kue maksuba ini teksturnya hampir sama dengan kue lapis, hanya saja lebih lembut dan tentu saja enak. Kue lapis maksuba biasanya banyak diburu saat hari spesial atau ketika hari raya lebaran.

Bagi sebagian orang mungkin terasa asing dengan kue lapis khas Palembang yang satu ini. Namun, kue ini menjadi kue primadona untuk beberapa orang yang lainnya.

Nah, bagi anda yang penasaran dengan kue lapis susu khas Palembang atau kue lapis maksuba, maka anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa merasakan seperti apa kenikmatan dan kelezatan kue yang satu ini.

Cara membuat kue lapis susu khas Pelembang ini cukup praktis. Bahan bahan yang diperlukannya pun ekonomis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sajikan resep kue lapis susu khas Palembang beserta cara membuatnya khusus untuk anda.

Kue lapis susu khas Palembang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Susu Khas Palembang yang Spesial dan Lezat

Review

4.9 review 437

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Potong

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Lapis Susu Khas Palembang yang Spesial dan Lezat

  • 50 gram tepung terigu
  • 25 telur bebek
  • 250 gram gula pasir
  • 1 kaleng susu kental manis putih
  • 1 sendok teh vanilla esence
  • 250 gram mentega atau butter yang sudah dilelehkan

Cara Membuat Kue Lapis Susu Khas Palembang yang Spesial dan Lezat

Cara Membuat Adonan Kue Lapis Susu Khas Palembang

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu  menyiapkan 2 wadah yang berbeda untuk membuat  adonan. Dimana untuk wadah pertama digunakan untuk membuat adonan maksuba dan wadah yang kedua untuk pelapis adonan.
  2. Masukan bahan bahan seperti misalkan telur, vanilla esence dan gula ke dalam wadah yang pertama. Aduk sampai merata bahan bahan tersebut. Jika sudah, sisihkan.
  3. Masukan mentega yang sudah dilelehkan beserta 1 kaleng susu kental manis ke dalam wadah yang kedua. Lalu aduk sampai merata dan sisihkan.

Cara Membuat Kue Lapis Susu Khas Palembang

  1. Siapkan loyang berbentuk persegi. Lalu olesi dengan menggunakan mentega sedikit saja sampai merata agar tidak lengket.
  2. Kemudian, masukan adonan pada wadah yang pertama ke dalam loyang sedikit saja untuk lapisan pertama. Jika sudah, silahkan anda ratakan.
  3. Oven adonan dengan menggunakan api atas hingga adonan berubah warna menjadi kecoklatan atau selama kurang lebih 10 menit.
  4. Jika sudah seperti itu, keluarkan adonan dan tuangkan adonan pada wadah yang kedua di atasnya untuk lapisan. Lalu silahkan oven kembali sampai matang.
  5. Setelah itu, kembali tuangkan adonan pada wadah pertama di atas lapisan kedua. Ratakan dan oven kembali sampai matang.
  6. Lakukan langkah yang sama dengan menuangkan adonan secara bergantian hingga adonan habis. Setelah adonan habis, oven kue sampai benar-benar matang.
  7. Setelah matang, anda bisa langsung mengangkat dan menunggunya beberapa saat sampai dingin.
  8. Kemudian potong-potong dan sajikan pada piring atau tempat saji yang sudah anda siapkan.

Kue lapis susu khas Palembang sudah selesai dibuat dan siap dinikmati. Selamat mencoba.

Itulah resep dan cara membuat kue lapis susu khas Palembang. Sederhana dan mudah bukan? Yuk share resep ini kepada teman, sahabat atau orang-orang terdekat anda.

loading...