Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Sagu Mini Enak, Legit dan Kenyal

Kue lapis sagu merupakan salah satu variasi kue lapis, namun menggunakan tepung sagu sebagai bahan utamanya. Khususnya di Betawi, kue ini lebih terkenal dengan sebutan kue pepe. Kue lapis sagu ini memiliki rasa yang enak dan manis, teksturnya kenyal dan tampilannya begitu cantik sehingga menjadikan kue ini cocok disajikan di hari spesial. (Baca juga : Cara membuat kue lapis legit)

Resep kue lapis sagu mini mudah dipraktikan di rumah karena cara membuatnya sederhana, bahannya praktis dan ekonomis. Untuk memudahkan anda ketika membuatnya, berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat kue lapis sagu mini.

Resep kue lapis sagu mini

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Sagu Mini Enak, Legit dan Kenyal

Review

4.7 review 635

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

50 Potong

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Lapis Sagu Mini Enak, Legit dan Kenyal

  • 1.250 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa
  • 3 lembar daun pandan
  • 500 gram tepung sagu
  • 2 sendok teh garam
  • 10 tetes pewarna merah cabai
  • 450 gram gula pasir
  • 25 lembar daun jeruk purut
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 3 tetes pewarna hijau tua
  • 15 ml air daun suji yang diambil dari 30 lembar daun suji serta 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Mini Enak, Legit dan Kenyal

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Mini

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu merebus santan bersama dengan daun jeruk purut, daun pandan dan garam sampai mendidih. Jika sudah mendidih, silahkan matikan api kompor dan diamkan sampai hangat.
  2. Siapkan wadah dan campurkan bahan bahan seperti misalkan tepung beras, tepung sagu dan gula pasir.  Lalu aduk bahan bahan tersebut sampai merata.
  3. Ambil santan yang sudah direbus tadi. Dalam keadaan hangat tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata.
  4. Kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian. Untuk adonan yang pertama dibiarkan berwarna putih, sedangkan untuk adonan yang lainnya ditambahkan pewarna makanan berwarna hijau dan air daun suji. Jika sudah, aduk-aduk sampai merata.

Cara Membuat Adonan Kue Lapis Sagu

  1. Siapkan loyang berukuran 24x24x4 cm. Lalu olesi loyang tersebut dengan menggunakan minyak goreng atau margarin. Lalu alasi dengan menggunakan plastik. Selanjutnya, panaskan loyang dalam kukusan.
  2. Setelah loyang panas, ambil adonan berwarna hijau dan tuangkan sebanyak 1 sendok sayur atau 200 ml ke dalam loyang. Lalu ratakan. Kukus adonan selama kurang lebih 5 menit dengan menggunakan api sedang.
  3. Setelah itu, ambil adonan berwarna putih dan tuangkan sebanyak 75 ml adonan berwarna putih di atasnya. Kukus kembali dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 5 menit.
  4. Selanjutnya, kembali tuangkan adonan berwarna hijau di atas adonan berwarna putih. Kukus lagi selama 5 menit. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan habis.
  5. Untuk lapisan yang terakhir, ambil adonan berwarna putih dan tambahkan pewarna makanan merah ke dalamnya, lalu aduk sampai merata. Selanjutnya tuangkan sebagai lapisan yang terakhir dan kukus selama 20 menit hingga semua adonan matang.
  6. Setelah matang angkat dan diamkan sampai dingin. Lalu potong-potong dan sajikan pada tempat saji yang sudah anda siapkan. ( Selengkapnya : Resep kue lapis ubi ungu )

Itulah resep dan cara membuat kue lapis sagu mini. Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada teman, sahabat atau orang-orang terdekat anda.

loading...