Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Sagu Betawi yang Kenyal dan Lezat

Salah satu kue lapis yang digemari banyak orang yaitu kue lapis sagu khas Betawi. Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal serta rasanya begitu lezat. Tampilannya yang menarik dengan aneka warna pada setiap lapisan menjadikan kue ini cocok disajikan pada hari spesial.

Resep kue lapis sagu Betawi ini mudah dipraktikan di rumah karena cara membuatnya sederhana dan praktis. Bahan yang diperlukannya ekonomis dan mudah anda dapatkan. Penasaran dan ingin tahu resep beserta cara membuat kue lapis sagu Betawi? Agar tidak penasaran lagi, silahkan anda simak resep dan  cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini.

Kue lapis sagu betawi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Sagu Betawi yang Kenyal dan Lezat

Review

4.6 review 435

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

35 Potong

Bahan Bahan Kue Lapis Sagu Betawi yang Kenyal dan Lezat

  • 650 gram tepung sagu
  • 1.500 ml santan kelapa
  • 6 lembar daun pandan
  • 425 gram gula pasir
  • Garam halus secukupnya
  • 25 lembar daun jeruk purut yang sudah dibuang tulangnya
  • Pewarna makanan hijau tua secukupnya
  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • 4 sendok makan tepung beras

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Betawi yang Kenyal dan Lezat

Cara Membuat Adonan Kue Lapis Sagu Betawi

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu mencampurkan santan yang sudah anda siapkan bersama dengan bahan bahan yang lainnya seperti misalkan daun pandan, daun jeruk dan garam halus. Rebus semua campuran bahan bahan tersebut sampai mendidih. Jika sudah mendidih, silahkan angkat dan tunggu beberapa saat sampai hangat.
  2. Campurkan tepung sagu, tepung beras, garam dan gula pasir pada wadah. Lalu aduk sampai merata. Masukan santan hangat ke dalam campuran bahan-bahan dan aduk-aduk sampai merata.
  3. Jika sudah, ambil adonan sebanyak kurang lebih 1/3 adonan. Lalu masukan pewarna makanan merah ke dalam adonan. Aduk sampai merata.
  4. Ambil kembali 1/3 adonan dan masukan pewarna makanan hijau tua. Lalu aduk-aduk sampai merata. Jika sudah silahkan sisihkan. Untuk adonan sisanya dibiarkan berwarna putih.

Cara Membuat Adonan kue Lapis Sagu Betawi

  1. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus adonan. Lalu olesi loyang tersebut dengan menggunakan mentega atau minyak goreng secukupnya sampai merata.
  2. Ambil adonan putih dan tuangkan sebanyak kurang lebih 1 sendok sayur adonan ke dalam loyang. Lalu kukus selama kurang lebih 6 menit atau sampai matang.
  3. Jika sudah seperti itu, silahkan tuangkan adonan berwarna hijau sebanyak 1 sendok sayur. Lalu kukus kembali hingga matang atau selama kurang lebih 6 menit.
  4. Tuangkan sebanyak 1 sendok sayur adonan merah. Lalu kukus selama 6 menit.
  5. Lakukan langkah yang sama dengan menuangkan adonan secara bergantian hingga habis.
  6. Untuk yang  terakhir, kukus semua adonan selama kurang lebih 25 menit atau sampai benar-benar matang.
  7. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkat dan membiarkannya beberapa saat hingga dingin. Baru setelah itu anda bisa memotong-motongnya. Lalu sajikan kue lapis sagu yang sudah dipotong-potong ini pada tempat atau piring saji yang sudah disiapkan.

Kue lapis sagu khas Betawi sudah selesai dibuat dan bisa langsung dinikmati. Nikmati kue lapis sagu khas Betawi ini dengan minuman hangat agar lebih istimewa.

Video Resep Menarik Lainnya..

Itulah resep dan cara membuat kue lapis sagu Betawi. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share atau bagikan resep ini kepada sahabat, teman atau orang terdekat anda.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat