Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Pelangi yang Enak, Manis dan Cantik

    Salah satu jajanan pasar yang populer yaitu kue lapis. Anda tentu saja tidak asing dengan kue yang satu ini karena keberadaannya mudah ditemukan, terutama di pasar-pasar tradisional. Kue lapis memiliki beberapa varian, dimana salah satunya yaitu kue lapis pelangi.

    Kue lapis pelangi ini selain memiliki rasa yang enak dan manis, tampilannya pun begitu cantik dan menarik. Warna-warni pelangi pada kue ini membuat setiap orang tergoda.

    Kue lapis pelangi ini cocok dinikmati pada acara santai bersama dengan keluarga tercinta. Kehadiran kue ini di tengah-tengah keluarga akan membuat kumpul keluarga menjadi semakin hangat.

    Anda bisa dengan mudah membuat resep kue lapis pelangi di rumah. Cara membuatnya mudah dan bahan bahan yang dibutuhkannya pun praktis dan ekonomis. Penasaran dan ingin tahu resep serta cara membuatnya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

    Kue lapis pelangi

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Pelangi yang Enak, Manis dan Cantik

    Review

    4.7 review 235

    Waktu Memasak

    Persiapan:

    Memasak:

    Total:

    Jumlah Porsi

    20 Potong

    Bahan Bahan Kue Lapis Pelangi yang Enak, Manis dan Cantik

    • 800 ml santan kental
    • 150 gram tepung kanji
    • 2 sendok makan mentega
    • 3 lembar daun pandan
    • 300 gram gula pasir
    • 300 gram tepung beras
    • 1 sendok teh garam
    • Pewarna makanan dengan 7 warna pelangi

    Cara Membuat Kue Lapis Pelangi yang Enak, Manis dan Cantik

    Cara Membuat Adonan Kue Lapis Pelangi

    1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan panci dan memasukan santan kental ke dalam panci bersama dengan garam dan daun pandan yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Rebus santan sambil diaduk-aduk dengan perlahan hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat dan saring santan tersebut.
    2. Rebus dan panaskan kembali santan yang sudah anda saring. Lalu tambahkan mentega dan gula pasir ke dalamnya. Aduk-aduk sampai merata hingga gula larut. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
    3. Siapkan wadah, lalu campurkan tepung kanji dan tepung beras ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk sampai merata.
    4. Tuangkan santan yang sudah direbus tadi sedikit demi sedikit. Aduk atau uleni sampai adonan kalis dan lembut.
    5. Jika sudah, bagi adonan menjadi 7 bagian. Lalu untuk masing-masing adonan tambahkan pewarna makanan yang sudah disiapkan. Aduk-aduk adonan yang sudah diteteskan pewarna makanan sampai merata.

    Cara Membuat Kue Lapis Pelangi

    1. Siapkan loyang, lalu olesi loyang dengan menggunakan margarin secukupnya dan alasi dengan menggunakan plastik.
    2. Setelah itu, masukan loyang dalam kukusan. Tunggu beberapa saat hingga loyang panas. 
    3. Apabila loyang sudah panas, tuangkan adonan secara urut sesuai dengan warna pelangi ke dalam loyang. Namun, untuk menuangkan masing-masing adonan tunggu terlebih dahulu adonan sebelumnya mengeras, baru setelah itu menuangkan adonan selanjutnya.
    4. Setelah semua adonan habis, kukus kue lapis pelangi ini selama kurang lebih 20 sampai 30 menit atau sampai matang.
    5. Setelah matang, silahkan matikan api kompor dan keluarkan loyang. Diamkan sebentar dan tunggu beberapa saat hingga kue dingin.
    6. Jika sudah dingin, anda bisa langsung memotong-motongnya.
    7. Siapkan tempat atau piring saji dan sajikan kue lapis pelangi ini di atas piring saji tersebut. Baru setelah itu anda bisa langsung menghidangkannya.
    8. Kue lapis pelangi yang enak nan cantik ini sudah siap disantap. Agar lebih lezat anda bisa menikmatinya dengan secangkir teh hangat.

    Demikian resep dan cara membuat kue lapis pelangi. Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk membagikan atau mengshare resep ini kepada sahabat dan teman anda.

    Loading...