Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Legit Keju Spesial dan Enak

Kue lapis legit memiliki banyak variasi, dimana salah satunya yaitu kue lapis legit keju. Kue lapis legit keju ini sangat spesial dan masalah rasa sudah tidak bisa diragukan lagi. Legit dan lembutnya kue ini akan membuat setiap orang yang menyantapnya ketagihan.

Yuk buat resep kue lapis legit keju ini di rumah. Berikut ini kami sajikan resep kue lapis legit keju dan cara membuatnya.

Kue Lapis legit Keju

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Legit Keju Spesial dan Enak

Review

4.9 review 735

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Potong

Bahan Bahan  Kue Lapis Legit Keju Spesial dan Enak

  • 30 butir kuning telur
  • 300 gram mentega
  • 135 gram tepung terigu
  • 6 sendok makan susu kental manis
  • 300 gram gula halus
  • 180 gram keju cheddar batangan

Cara Membuat Kue Lapis Legit Keju Spesial dan Enak

Cara Membuat Adonan Kue Lapis Legit Keju

  1. Siapkan wadah, lalu masukan butter, susu kental manis dan mentega yang sudah anda siapkan ke dalam wadah tersebut. Kocok campuran bahan-bahan tersebut sampai kaku atau berwarna putih. Jika sudah, silahkan  sisihkan terlebih dahulu.
  2. Pada wadah yang berbeda, masukan telur dan gula halus. Lalu kocok dengan menggunakan kecepatan tinggi sampai berwarna putih.
  3. Campurkan tepung terigu dengan susu bubuk full cream. Lalu masukan campuran ini ke dalam kocokan telur dan gula halus sedikit demi sedikit. Kocok dengan menggunakan kecepatan rendah.
  4. Setelah itu, campurkan kedua adonan dengan menggunakan spatula. Lalu kocok sampai tercampur merata. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Kue Lapis Legit Keju

  1. Siapkan loyang berbentuk kotak dengan ukuran 24x24x5 cm. Lalu olesi loyang tersebut dengan menggunakan minyak atau mentega secukupnya dan alasi dengan menggunakan kertas roti.
  2. Ambil oven dan panaskan dengan suhu 220 derajat C. Anda bisa menggunakan oven listrik ataupun oven biasa.
  3. Siapkan mangkuk sebanyak 2 buah bersama dengan sendok makan. Lalu masukan masing-masing adonan ke dalam mangkuk tersebut sebanyak kurang lebih 6 sendok. Untuk salah satu  adonan silahkan masukan perutan keju secukupnya atau sesuai selera. Aduk-aduk sampai tercampur merata.
  4. Masukan adonan yang tidak menggunakan keju ke dalam loyang tadi yang sudah anda siapkan. Kemudian ratakan dengan menggunakan sendok. Panggang adonan ini sampai berwarna kuning kecoklatan atau selama kurang lebih 5 menit tergantung oven yang anda gunakan. Pastikan warnanya merata. Jika tidak, silahkan putar-putar loyang sampai menghasilkan warna kue yang merata.
  5. Selanjutnya, keluarkan loyang dari dalam oven. Lalu padatkan kue yang sudah dioven tadi. Tuangkan adonan yang sudah ditambahkan keju, ratakan dan kembali panggang hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  6. Kembali keluarkan loyang dari oven, padatkan kue dan tuangkan adonan tanpa keju. Oven kembali sampai warnanya kuning kecoklatan.
  7. Silahkan lakukan langkah yang sama dengan menuangkan adonan secara bergantian sampai adonan habis.
  8. Setelah adonan habis, anda bisa memanggangnya selama kurang lebih 10 menit atau sampai kue benar benar matang.
  9. Apabila kue sudah matang, tunggu beberapa saat sampai dingin. Lalu keluarkan kue dari loyang dan potong-potong.

Tips Sukses Membuat Kue Lapis Legit

TIPS MEMBUAT KUE LAPIS LEGIT

Meskipun terlihat sederhana, tetapi membuat kue lapis legit itu membutuhkan ketelatenan. Tidak sedikit orang yang gagal dalam membuat kue lapis legit. Sebenarnya, kunci sukses dari membuat kue lapis legit itu sendiri yaitu dari pemanggangan. Meskipun menggunakan puluhan telur atau butter yang banyak, pada akhirnya akan keras atau meleleh jika dipanggang dengan cara kurang tepat. Kue lapis legit yang terlalu keras justru akan kurang nikmat ketika dimakan. Begitu pun dengan kue lapis legit yang meleleh atau kurang matang, tentu saja akan tidak layak untuk dimakan.

Nah, agar kue lapis legit yang anda buat menjadi lebih sempurna. Silahkan simak tips sukses membuat kue lapis legit seperti di bawah ini:

Tips Memilih Bahan

  1. Ketika membuat adonan sebaiknya hindari mengocok telur atau butter terlalu lama karena hal ini justru hanya akan membuat mentega menjadi meleleh dan tekstur kue akhirnya akan terpengaruh. Meskipun tidak boleh terlalu lama, sebaiknya anda tetap harus mengkocok mentega hingga mengembang.
  2. Akan lebih baik jika mentega atau butter yang dikocok dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu  agar dingin. Jika sudah dingin, anda bisa memotongnya kecil-kecil. Ini dilakukan agar butter atau mentega menjadi mudah dikocok. Kocok mentega atau butter yang masih dingin tersebut supaya tidak mudah meleleh saat anda kocok.
  3. Ketika memilih telur untuk membuat adonan kue lapis legit, sebaiknya pilihlah telur yang masih dalam keadaan segar. Salah satu tanda bahwa telur keadaannya masih segar yaitu kuning telurnya masih bulat utuh, serta putih telurnya kental. Anda harus memisahkan kuning telur dan putih telur dengan teliti. Kemudian kocok kuning telur yang sudah dipisahkan dari bagian putihnya tersebut hingga kental dan putih.
  4. Sebelum dipecahkan, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulit telur agar terbebas dari kotoran.
  5. Dalam memilih tepung terigu, sebaiknya gunakanlah tepung terigu protein rendah dan jangan lupa pula untuk diayak.
  6. Anda harus memastikan bahwa tidak ada terigu yang menggumpal.

Tips Memanggang Lapis Legit

  1. Sebelum memanggang kue lapis legit, anda harus memastikan jika oven sudah benar-benar panas. Anda harus memanggang kue lapis legit dengan suhu oven tinggi, dan untuk setiap lapisannya dipanggang hanya sebentar saja atau kurang lebih selama 5 menit. Setelah loyang dikeluarkan dalam oven anda bisa menekan-nekannya dengan menggunakan penekan khusus lapis legit, jika tidak punya anda bisa memanfaatkan alas loyang yang ukurannya lebih kecil. Sebelum menekan-nekannya, pastikan penekan sudah diolesi terlebih dahulu dengan menggunakan mentega.
  2. Ketika menekan kue dalam setiap lapisan sebaiknya jangan terlalu kuat. Karena jika terlalu kuat justru hanya akan membuat setiap lapisannya menjadi lebih tipis, atau bahkan akan menyatu dengan lapisan yang sebelumnya. Akibatnya lapisan tidak terlihat cantik karena  tidak terlihat.
  3. Apabila saat memanggang muncul gelembung, anda harus segera memecahkannya karena jika dibiarkan akan menjadi hitam atau gosong. Supaya bisa mencapai gelembung, anda bisa memanfaatkan tusuk sate yang ukurannya lumayan panjang.
  4. Apabila setelah pemanggangan lapisan terakhir sisi kue masih terlihat basah, maka anda bisa kembali memanggang kue dengan menggunakan api bawah selama 7-10 menit. Agar tidak mengering dan keras, anda bisa menutup bagian atas kue dengan menggunakan alumunium foil.
  5. Agar adonan yang belum anda panggang tidak mencair, sebaiknya jauhkan dari oven.

Itulah resep dan cara membuat kue lapis legit keju. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share atau bagikan resep ini kepada teman-teman anda.

loading...