Resep dan Cara Membuat Kue Lapis India yang Sedap dan Istimewa

Kue lapis adalah salah satu jenis kue yang sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Namun, lain halnya dengan kue lapis India. Kebanyakan orang masih belum tahu dengan kue yang satu ini. ( Baca juga : Resep kue lapis pelangi )

Berbeda dengan kue lapis biasanya, kue lapis India ini memiliki bentuk yang unik atau meliuk-liuk pada bagian sisinya. Teksturnya lembut dan rasanya begitu sedap dan istimewa. Manisnya kue ini begitu menggugah selera.

Membuat kue lapis India ini memang terbilang sederhana. Hanya saja diperlukan ketelatenan dalam membuat setiap lapisannya dan ketelitian diperlukan saat memilih bahan-bahan yang dibutuhkan.

Nah, bagi anda yang ingin membuat resep kue lapis India ini di rumah, anda bisa simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini.

Resep kue lapis india

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis India yang Sedap dan Istimewa

Review

4.7 review 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Potong

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Lapis India yang Sedap dan Istimewa

  • 300 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa parut
  • 150 ml susu kental manis
  • 200 ml air
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 100 gram gula merah
  • 1 lembar daun pandan
  • 100 gram tepung hunkue
  • 4 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas

Cara Membuat Kue Lapis India yang Sedap dan Istimewa

Cara Membuat Adonan Kue Lapis India

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu merebus gula merah bersama dengan daun pandan dan air hingga gula larut dan air mendidih. Jika sudah mendidih anda bisa langsung menyaring dan mendinginkannya. Kemudian anda bisa membuang daun pandannya.
  2. Siapkan sebuah wadah lalu campurkan susu kental manis bersama dengan tepung hunkue. Lalu aduk-aduk kedua bahan tersebut sampai merata.
  3. Selanjutnya masukan telur yang sudah dikocok tadi ke dalam adonan hunkwe. Lalu aduk-aduk sampai merata.
  4. Tambahkan gula merah yang sudah anda cairkan tadi bersama dengan santan dan garam. Aduk sampai merata dan saring agar licin.

Cara Membuat Kue Lapis India

  1. Jika adonan sudah anda buat, siapkan loyang berbentuk bulat dengan diameter 18 cm dan tinggi 7 cm. Alasi loyang tersebut dengan menggunakan kertas roti dan olesi dengan menggunakan minyak goreng.
  2. Siapkan pengukuran dengan menggunakan api sedang hingga airnya mendidih.
  3. Setelah kukusan panas, masukan loyang yang sudah anda siapkan tadi ke dalam kukusan. Lalu ambil adonan yang sudah anda buat dan tuangkan sebanyak kurang lebih 75 ml ke dalam loyang. Kukus adonan tersebut selama kurang lebih 5 menit dengan menggunakan api besar.
  4. Apabila pada bagian pinggir kue sudah terlihat bintik-bintik kecil dan kue sudah sedikit keras, silahkan kembali tuangkan adonan sebanyak 75 ml dan kembali kukus selama 5 menit. Lakukan terus langkah yang sama hingga adonan habis.
  5. Untuk lapisan yang terakhir silahkan kukus selama kurang lebih 15 menit.
  6. Jika kue sudah matang, angkat dan keluarkan dari kukusan lalu dinginkan terlebih dahulu selama kurang lebih 6 jam atau hingga adonan padat betul.
  7. Setelah itu, anda bisa langsung memotong-motongnya dan menyajikannya pada tempat saji yang sudah disiapkan.

Hal yang harus anda ingat ketika mengukus kue ini yaitu memperhatikan airnya. Apabila airnya sudah menyusut anda bisa langsung menambahkan air panas. (Selengkapnya : Cara membuat kue lapis legit)

Itulah resep dan cara membuat kue lapis India. Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman anda.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat