Resep dan Cara Membuat Kue Donat Kentang Panggang yang Asli Enak, Istimewa Namun Sederhana

 

Sajian lezat memang selalu menggoda untuk disantap.

Apalagi bila metode pembuatan dari hidangan ini terbilang cukup mudah dan sederhana, maka anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah. Nah, penasaran ingin tahu seperti apa resep membuat donat kentang panggang yang enak? Simak resepnya dibawah ini.

donat kentang panggang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Kentang Panggang yang Asli Enak, Istimewa Namun Sederhana

Review

4.8 review 453

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Donat Kentang Panggang yang Asli Enak, Istimewa Namun Sederhana

Bahan-Bahan Donat:

  • 1 butir telur
  • 300 gram tepung terigu
  • 200 gram kentang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 25 gram gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 2 sendok makan gula tepung untuk taburan
  • 25 ml air es
  • 1 sendok makan margarin
  • 3 sendok makan margarin untuk memanggang

Cara Membuat Kue Donat Kentang Panggang yang Asli Enak, Istimewa Namun Sederhana

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Lakukan hal pertama dengan mempersiapkan barang atau peralatan yang anda butuhkan untuk membuat adonan donat. Beberapa peralatan ini adalah hal penting yang akan senantiasa membantu anda untuk dapat membuat adonan donat yang lebih praktis dan lebih sederhana. Tanpa mempersiapkan peralatan terlebih dahulu anda mungkin akan kebingungan atau kerepotan saat anda harus mengambil peralatan yang belum anda persiapkan. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah baskom, beberapa wadah, loyang, kocokan dan sebuah piring saji. Bila semua peralatan ini sudah berada dekat dengan jangkauan anda maka anda akan siap untuk membuat adonan.
  2. Namun sebelumnya, karena disini kita menggunakan kentang, maka bahan kentang harus dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu secara merata sampai semua kotoran yang ada pada kentang bisa dihilangkan.
  3. Setelah kentang bersih secara merata, lanjutkan dengan menyiapkan panci dan masukkan air kedalamnya untuk kemudian tunggu sampai air mendidih dan masukkan kentang kedalamnya. Masak dan rebus kentang sampai matang hingga bahan ini menjadi lebih empuk selama kurang lebih 20 menit dalam rebusan.
  4. Bila sudah matang dan empuk, angkat dari panci dan hidangkan sajian ini dalam piring. Kupas kulitnya dan haluskan dagingnya dengan menggunakan blender atau dengan menggunakan ulekan secara merata sampai kentang benar-benar halus.

Cara Membuat Adonan:

  1. Bila semua sudah disiapkan, maka untuk membuat adonan bisa dilakukan dengan mencampurkan terigu bersama dengan ragi, gula pasir dan juga kentang dalam satu wadah yang sama. Aduk-aduk bahan ini secara merata hingga semuanya tercampur.
  2. Masukkan bahan lain yakni  telur bersama dengan air es sedikit demi sedikit sampai dengan habis. Setelah itu, silahkan uleni bahan-bahan ini dengan mennggunakan tangan secara merata sampai kalis.
  3. Lalu tambahkan dengan bahan lainnya, yakni margarin bersama dengan garam. Uleni kembali bahan-bahan tersebut sampai kalis dan menjadi lebih elastis. Diamkan adonan yang telah diuleni selama kurang lebih 15 menit agar adonan menjadi lebih mengembang.
  4. Kemduian kempiskan adonan dengan menggunakan tangan dan timbang masing-masingnya menjadi 20 gram. ulatkan adonan dan diamkan kembali selama 20 menit. Lubangi bagian tengah adonan denga menggunakan cetakan. Letakan pada loyang yang telah ditaburi dengan tepung terigu. Diamkan kembali bahan ini selama kurang lebih 30 menit.
  5. Panaskan wajan yang datar dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata. Letakan beberapa donat dibagian atasnya dan biarkan sampai bahan ini menjadi lebih mengembang secara merata. Jangan lupa dibalikan agar matang merata.

Setelah matang, angkat dan berikan dengan taburan gula tepung secara merata.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat