Resep dan Cara Membuat Kue Cucur Pandan yang Lezat, Enak dan Lembut

 

Kue cucur merupakan salah satu makanan atau sajian tradisional Indonesia, yang mana kue ini bisa kita temukan di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di daerah Betawi atau Jakarta. Di Jakarta sendiri, kue cucur termasuk ke dalam salah satu makanan adat yang harus ada pada upacara adat Betawi.

Cita rasa dari kue ini begitu manis, empuk di bagian tengahnya dan garing di sisinya, serta gurih. Kue cucur bisa dibuat dengan variasi yang berbeda, yang mana kue ini bisa kita olah dengan cita rasa yang berbeda pula. Jika biasanya kue cucur hanya bercita rasa manis yang berasal dari gula merah, maka kue cucur kali ini ditambah aroma pandan sehingga rasa dan aromanya akan semakin spesial dan lezat.

Kue cucur pandan ini bisa anda sajikan di tengah-tengah keluarga sebagai hidangan yang berbeda dari biasanya. Karena kue ini jarang dijual, maka untuk mendapatkannya anda harus membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat kue cucur pandan sama mudahnya dengan kue cucur pada umumnya. Proses membuatnya hanya tinggal digoreng setelah adonan dibuat dengan takaran masing-masing serta teknik tertentu. Selain itu, bahan bahan untuk membuat kue cucur pandan juga sederhana dan harganya pun terjangkau.

Nah, bagi anda yang ingin membuat kue cucur pandan ini di rumah, anda bisa simak langsung resepnya di bawah ini.   

RESEP KUE CUCUR PANDAN1

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Cucur Pandan yang Lezat, Enak dan Lembut

Review

4.3 review 307

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Cucur Pandan yang Lezat, Enak dan Lembut

  • 200 ml air
  • 25 gram gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya
  • 30 ml air daun suji yang diambil dari 25 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan
  • 2 tetes pewarna hijau
  • 1 lembar daun pandan yang sudah diikat simpul
  • 150 gram tepung beras
  • Garam secukupnya
  • 2 1/2 sendok makan tepung terigu

Cara Membuat Kue Cucur Pandan yang Lezat, Enak dan Lembut

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, siapkan panci berukuran sedang. Lalu masukan air, gula pasir, air daun suji dan daun pandan ke dalam panci tersebut. Aduk merata dan masak semua bahan-bahan tersebut sampai mendidih dan gula larut. Apabila sudah seperti itu, saring dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kemudian, siapkan wadah. Lalu masukan tepung terigu, tepung beras dan garam. Aduk-aduk bahan tersebut sampai merata. Kemudian, tuangkan rebusan gula sedikit demi sedikit.  Aduk-aduk semua adonan sampai merata sambil dikeplok-keplok hingga adonan terasa ringan.
  3. Jika adonan sudah selesai dibuat, anda bisa langsung menyiapkan wajan dan simpan wajan tersebut di atas kompor menyala. Tuangkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan dan biarkan hingga minyak goreng panas.
  4. Setelah minyak goreng panas, tuangkan sekitar 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan. Siram adonan dengan minyak panas sambil diputar-putar dengan menggunakan lidi. Putar-putar adonan sampai berserat. Baru setelah itu, angkat dan tiriskan.
  5. Kue cucur sudah siap dinikmati. Nikmati kue ini dalam keadaan hangat dengan ditemani secangkir teh tawar hangat atau teh manis hangat.

Itulah resep dan cara membuat kue cucur pandan. Selamat mencoba.

Share atau bagikan resep ini kepada teman anda. Tambahkan juga komentar anda pada kolom yang kami sediakan di bawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat