Resep dan Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Tradisional Khas Betawi yang Enak, Mudah dan Berserat

 

Kue cucur merupakan salah satu kuliner tradisional Indonesia yang sampai saat ini masih populer dan banyak diminati.

Seperti yang kita ketahui, kuliner atau jajanan tradisional, saat ini mulai mengkhawatirkan dengan munculnya kuliner atau jajanan modern. Namun, meskipun begitu kue yang satu ini masih bisa mempertahankan kepopulerannya di tengah himpitan jajanan yang semakin banyak dan bervariasi.

Kue cucur gula merah ini merupakan kue tradisional khas Betawi. Cita rasanya begitu enak dan lezat, sehingga membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Tekstur kue yang satu berserat sehingga sangat memanjakan lidah. Kue cucur bisa kita temukan di pasaran, baik di pedagang kaki lima atau toko kue tradisional. Kita bisa membeli kue ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun, meskipun harganya terjangkau tetapi tidak ada salahnya apabila anda membuatnya sendiri di rumah. Hal ini guna menjaga kehigenisan dan mendapatkan rasa sesuai yang diinginkan. Cara membuat kue cucur gula merah pada umumnya mudah dan sederhana. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan dan tentunya murah meriah.

Nah, jika anda ingin membuat kue cucur gula merah di rumah, anda bisa simak resep dan cara membuatnya di bawah ini sebagai panduan.

RESEP KUE CUCUR GULA MERAH

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Tradisional Khas Betawi yang Enak, Mudah dan Berserat

Review

4.7 review 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

25 Buah

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Cucur Gula Merah Tradisional Khas Betawi yang Enak, Mudah dan Berserat

  • 300 ml air
  • 175 gram tepung beras
  • 175 gram gula merah
  • 3 lembar daun pandan
  • Minyak goreng secukupnya
  • 70 gram tepung terigu protein sedang
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Tradisional Khas Betawi yang Enak, Mudah dan Berserat

  1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu, siapkan panci. Lalu masukan air bersama dengan bahan-bahan lainnya seperti daun pandan dan gula merah sambil diaduk-aduk. Jika gula merah sudah mulai larut, anda bisa menyaring hasil rebusan tersebut dan biarkan rebusan tetap hangat.
  2. Setelah itu, campurkan tepung terigu, tepung beras dan garam. Aduk-aduk sampai campuran bahan tersebut merata. Lalu, tuangkan larutan gula tadi sedikit demi sedikit. Ketika menuangkan larutan gula, anda bisa sambil mengaduk-aduk adonan. Kemudian, diamkan adonan selama kurang lebih 35 menit.
  3. Siapkan wajan cekung. Lalu simpan wajan cekung tersebut di atas kompor menyala dengan api sedang. Masukan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan cekung tersebut. Panaskan minyak goreng sampai meletup-letup.
  4. Apabila minyak goreng sudah meletup-letup, anda bisa langsung memasukan adonan kue cucur ke dalam wajan berisi minyak. Goreng adonan tadi sambil disiram dengan minyak panas pada wajan. Goreng adonan sampai membentuk serat.
  5. Selanjutnya, tusuk bagian tengah adonan kue cucur ini dengan menggunakan lidi atau tusukan yang bersih. Putarkan adonan dalam wajan, balikan adonan tersebut. Jika sudah matang, angkat kue cucur ini dan tiriskan.

Kue cucur sudah selesai dibuat. Sebelum disajikan akan lebih baik apabila kue ini didinginkan terlebih dahulu. Baru setelah itu, santap dengan ditemani secangkir teh hangat agar lebih nikmat. Itulah resep dan cara membuat kue cucur gula merah. Selamat mencoba.

Share resep kue cucur gula merah ini kepada teman atau orang di sekitar anda. Tambahkan pula komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat