Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Santan yang Enak, Lembut dan Empuk

Sajian kue bolu kukus santan adalah sajian yang enak dan lezat untuk dibuat dirumah.

Apalagi bila anda menyertakan si buah hati membuat sajian ini. Tentu saja, kegiatan membuat sajian ini akan semakin ceria dan menyenangkan. Yuk, simak resep membuat sajian kue bolu kukus santan dibawah ini.

bolu kukus santan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Santan yang Enak, Lembut dan Empuk

Review

4.8 review 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Santan yang Enak, Lembut dan Empuk

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • Telur ayam 2 butir
  • Cake emulsifier/pelembut 1 sdt
  • Gula pasir 250 gram
  • Santan kelapa 200 cc
  • Tepung terigu 250 gram
  • Pasta pandan, sesuaikan dengan takaran adonan
  • Essens vanilla 1 sdt
  • Tepung meizena 50 gr

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Santan yang Enak, Lembut dan Empuk

Tips Mempersiapkan Peralatan dan Bahan Sebelum Membuat Adonan:

  1. Untuk yang pertama kali bis adilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat sajian kue kali ini. Beberapa peralatan tersebut adalah alat yang akan menunjang anda untuk membuat sajian kue yang lebih mudah. Adapun peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, mixer, pengukus, loyang muffin dan cup kue kertas. Mengingat betapa pentingnya peralatan ini, maka tak sebaiknya langkah ini anda lewati.
  2. Setelah selesai mempersiapkan peralatan, lanjutkan dengan mulai menyiapkan loyang untuk alas adonan kue. Caranya, tempatkan loyang muffin dekat dengan jangkauan anda dan letakkan cup kue kertas dibagian atasnya dengan sedikit ditekuk kebagian dalam agar posisinya lebih kuat.
  3. Kemudian siapkan kukusan yakni panci, letakan panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Masukkan air secukupnya dalam panci dan tutupi bagian dalamnya dengan menggunakan sarangan. Sementara itu, untuk tutup panci silahkan lapisi terlebih dahulu alat ini dengan menggunakan lap bersih agar uap yang keluar dari kukusan tidak jatuh dan dapat diserap oleh lap. Setelah itu, sisihkan agar kukusan menjadi lebih panas secara merata.
  4. Setelah semua peralatan dipersiapkan kita akan mulai me-review beberapa bahan yan mungkin cukup asing untuk anda. Bahan tersebut adalah penggunaan santan kelapa. Bahan ini cukup penting dalam pembuatan kue kali ini untuk menjaga agar kue bolu kukus yang anda buat menjadi lebih mekar dan mengembang.
  5. Cukup dengan bahan yanng diatas, bahan-bahan yang lain akan dapat anda masukkan dan mungkin sudah cukup familiar untuk anda.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Santan:

  1. Siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan masukkan gula, telur dan cake emulsifier kedalamnya. Lalu dengan menggunakan mixer silahkan aduk-aduk bahan ini secara merata sampai kaku dan sampai bahan ini terlihat lebih pucat selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah itu, masukkan adonan lain seperti tepung mazeina dan tepung terigu yang telah diayak. Aduk-aduk semua bahan ini sampai merata dan teraduk secara keseluruhan.
  3. Kemudian masukkan pasta pandan kedalamnya dan aduk-aduk secara merata kembali. Setelah tercampur matikan mixer dan bagi adonan menjadi dua bagian pada wadah yang berbeda.
  4. Setelah itu, pada salah satu wadah, silahkan berikan tetesan pewarna makanan dengan perasa pandan dan aduk-aduk secara merata sampai adonan berubah warna.
  5. Sendokan adonan dalam loyang dan isi hingga 3/4 hampir penuh. Setelah itu, kukus adonan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menyajikan hidangan ini untuk keluarga dirumah.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Video Resep Menarik Lainnya..

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat