Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Meses Gula Merah yang Mekar, Lembut dan Enak

Sajikan lezat dan nikmatnya sajian kue bolu kukus meses gula merah di rumah anda.

Lezat, lembut dan nikmatnya sajian kue ini adalah sajian yang cocok yang bisa anda santap bersama dengan si kecil dan semua anggota keluarga. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian kue bolu kukus meses gula merah? Simak resepnya dibawah ini.

bolu kukus gula merah meses

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Meses Gula Merah yang Mekar, Lembut dan Enak

Review

4.8 review 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Meses Gula Merah yang Mekar, Lembut dan Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 1 butir telur
  • 50 gr gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 250 gr tepung terigu
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt soda kue
  • 125 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt vanili
  • 75 ml santan
  • secukupnya meises coklat

Bahan Untuk Gula Merah:

  • Sejumput garam
  • 125 ml air
  • 200 gr gula merah
  • 1 lembar rebus

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Meses Gula Merah yang Mekar, Lembut dan Enak

Tips Mempersiapkan Peralatan dan Bahan:

  1. Cara yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kue kali ini. Hal ini tentunya menjadi hal yang penting yang tidak sebaiknya dilewatkan. Dengan mempersiapkan peralatan ini, maka nantinya anda tidak akan dibuat repot dengan harus bulak-balik pergi ke dapur untuk membawa peralatan yang anda lewatkan. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, mixer, lap bersih, pengukus, loyang muffin dan juga kertas roti. Nah, setelah peralatan ini dipersiapkan, itu artinya anda akan siap untuk melanjutkan langkah berikutnya.
  2. Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan loyang dan alas untuk menyimpan adonan kue yang akan dikukus. Caranya, gunting kertas roti dengan bentuk bulat berdiameter 2-3 cm. Lakukan hal yang sama pada sisa kertas lainnya. Setelah selesai, letakan kertas roti yang sudah dibentuk dibagian atas loyang muffin dan tekuk kebagian dalam dengan perlahan agar kertas roti bisa menempel dengan loyang muffin.
  3. Setelah selesai, lanjutkan dengan menuangkan air dalam kukusan secukupnya saja. Lalu tempatkan alat ini diatas kompor dan nyalakan api dengan api yang sedang. Tempatkan bagian sarangan dibagian dalam. Sementara untuk menutupnya, alasi terlebih dahulu tutup panci dengan menggunakan lap dan tutup secara merata. Hal ini penting sekali, agar uap yang keluar dari dalam panci bisa diserap oleh lap dan tidak kembali menetes kebagian bawah.
  4. Sementara itu, untuk membuat adonan gula merah bisa dilakukan dengan menyiapkan panci kecil dan masukkan gula merah kedalamnya bersama dengan air dan daun pandan. Lalu didihkan diatas kompr dan aduk-aduk semua bahan ini sampai larut secara merata.
  5. Angkat larutan gula yang sudah mendidih, matikan kompor dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Meses Gula Merah:

  1. Untuk yang pertama, silahkan kocok telur bersama dengan gula pasir sampai mengembang dan gunakan kecepatan tinggi pada mixer untuk mengaduk-aduk bahan ini secara merata sampai berwarna lebih pucat. Kocok selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah itu, masukkan campuran terigu bersama dengan soda kue, vanili, baking powder dan garam yang telah diayak. Kemudian masukkan secara bergantian sampai semua bahan ini tercampur. Aduk-aduk dengan kecepatan rendah pada mixer.
  3. Masukkan santan bersama dengan larutan gula merah dan aduk-aduk secara bergantian sampai mengental dan tercampur.
  4. Matikan mixer dan sendokkan adonan dalam loyang hingga hampir penuh, terakhir taburi bagian atasnya dengan menggunakan meses secara merata.
  5. Lalu kukus dengan menggunakan kukusan selama kurang lebih 15 menit sampai kue bolu kukus mekar dan mengembang.

Angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian siap disantap.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda dibawah ini.

loading...
loading...