Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Karamel Enak, Ala Rumahan yang Sedap dan Lembut

Hidangan kue bolu caramel adalah sajian yang lezat dan nikmat.

Empuk dan lezatnya tekstur kue, seolah membuatnya tak puas bila hanya dicicipi satu potong. Untuk itu, yuk kita sajikan hidangan kue bolu caramel enak dibawah ini.

kue karamel

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Karamel Enak, Ala Rumahan yang Sedap dan Lembut

Review

4.7 review 332

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Karamel Enak, Ala Rumahan yang Sedap dan Lembut

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 100 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 65 gram margarin, dilelehkan
  • 50 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 100 gram susu kental manis putih
  • Bahan Untuk Karamel:
  • 250 ml air panas
  • 250 gram gula pasir

Cara Membuat Kue Bolu Karamel Enak, Ala Rumahan yang Sedap dan Lembut

Tips Mempersiapkan Bahan-Bahan:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan beberapa peralatan penting yang akan mungkin anda butuhkan untuk membuat kue. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah loyang, penimbang bahan kue, baskom dan beberapa wadah untuk menampung bahan-bahan kue.
  2. Untuk bahan pertama yang akan digunakan terlebih dahulu dan akan diukur adalah tepung terigu, silahkan masukkan tepung terigu kedalam wadah pengukur dan ukur dengan takaran yang sudah ditentukan. Setelah itu, masukkan dalam wadah untuk kemudian disaring dengan menggunakan ayakan. Baru setelah itu, sisihkan sementara.
  3. Bahan selanjutnya yang akan dipersiapkan adalah margarin. Sama halnya dengan terigu, silahkan masukkan margarin dalam penimbang untuk ditakar dengan takaran yang pas. Baru setelah itu, masukkan dalam wajan dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang dan aduk-aduk sampai margarin meleleh secara merata. Setelah leleh, angkat sajian ini dan sisihkan agar menjadi lebih dingin.
  4. Nah, untuk bahan-bahan sisa. Bahan-bahan tersebut tidak perlu lagi untuk dipersiapkan. Anda hanya perlu mendekatkan bahan-bahan ini dari jangkauan anda untuk kemudian nantinya bahan ini akan siap dicampur dan dimasukkan dalam adonan.

Cara Membuat Kue Bolu Karamel:

  1. Sebelum membuat adonan, silahkan lumuri terlebih dahulu loyang yang sudah anda persiapkan dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dimaksudkan agar kue tidak lengket menempel pada loyang saat nantinya akan dikeluarkan. Setelah diberikan olesan margarin, berikan taburan tepung dengan lapisan yang tipis dan sisihkan sementara.
  2. Selanjutnya, kita akan buat adonan karamelnya. Caranya, siapkan panci dan letakan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Masukkan gula pasir kedalamnya dan masukkan air panas. Aduk-aduk sampai gula larut dan air meletup-letup. Angkat dan dinginkan.
  3. Nah, kini kita akan buat adonan kuenya. Caranya, kocok telur bersama dengan garam asal kental dan garam menjadi larut secara merata.
  4. Lalu, masukkan tepung terigu bersama dengan soda kue, tepung mazeina dan juga baking powder. Aduk-aduk secara merata sampil diayak dan dikocok merata dengan menggunakan mixer. Tuangkan karamel kedalam adonan kue dan aduk kembali sampai tercampur merata.
  5. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan bersama dengan susu kental manis putih dan aduk-aduk secara merata.
  6. Masukkan adonan kue ini dalam loyang dnegan diamter 22 cm dan tinggi 5 cm. Ratakan bagian atasnya dengan menggunakan spatula dan panggang dalam oven selama kurang lebih 60 menit dibawah suhu 150 derajat.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian dihidangkan saat sudah dingin.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat