Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Gulung Sarikaya yang Legit, Empuk dan Asli Enak

Hidangan kue bolu gulung sarikaya adalah hidangan yang enak dan lezat.

Sajikan hidangan ini dirumah untuk dijadikan kudapan lezat yang akan dapat dinikmati bersama dengan keluarga. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian kue bolu gulung sarikaya? Simak resepnya dibawah ini.

kue gulung sarikaya

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Gulung Sarikaya yang Legit, Empuk dan Asli Enak

Review

4.7 review 343

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Gulung Sarikaya yang Legit, Empuk dan Asli Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 3 butir telur
  • 60 gram gula pasir
  • 20 gram minyak goreng
  • 30 gram tepung ketan putih
  • 1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
  • 15 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 tetes pewarna hijau tua
  • 1 sendok makan santan kental instan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 sendok makan selai sarikaya untuk bahan olesan

Cara Membuat Kue Bolu Gulung Sarikaya yang Legit, Empuk dan Asli Enak

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan mungkin anda butuhkan untuk membuat kue. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah mixer, pengukus, penimbang kue, baskom dan beberapa wadah. Setelah beberapa peralatan ini dipersiapkan, maka anda akan dapat mempersiapkan bahan membuat kue.
  2. Bahan pertama yang akan diukur adalah tepung terigu, masukkan tepung dalam wadah penimbang dan ukur dengan takaran pas yang tertera pada resep. Ayak terigu dan sisihkan sementara.
  3. Begitupun dengan tepung ketan, masukkan tepung ketan dalam wadah penimbang dan ukur dengan takaran yang pas sesuai yang tertera pada resep. Lalu angkat dan ayak seperti halnya anda mengayak tepung terigu diatas.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Gulung Sarikaya:

  1. Sebelum terburu membuat adonan kue, silahkan terlebih dahulu olesi loyang berukuran 24x24x3 cm dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dimaksudkan agar kue yang sudah matang, tidak sulit dikeluarkan dari loyang karena menempel atau lengket. Nah, setelah diberikan dengan olesan margarin ini, silahkan sisihkan sementara sebelum kita buat adonan lainnya.
  2. Nah, dalam wadah silahkan kocok bahan-bahan seperti gula pasir, telur dan juga emulsifier dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi sampai bahan ini kaku dan mengembang secara merata.
  3. Selanjutnya, masukkan tepung ketan kedalam campuran bahan bersama dengan tepung terigu sambil diayak secara merata dan bahan ini tercampur.
  4. Setelah itu, masukkan minyak goreng bersama dengan garam dan juga santan. Aduk-aduk bahan ini secara merata dan jangan lupa untuk mengambil dua sendok adonan dan pisahkan bahan ini secara merata.
  5. Kemduian, masukkan pewarna hijau pada bahan yang dipisahkan ini, lalu aduk-aduk secara merata sampai semua bahan ini tercampur merata. Nah, baru setelah itu masukkan bahan ini dalam piping bag atau pladtik berebntu segitiga dan sisihkan semenatara.
  6. Tuangkan adonan kue sisanya dalam loyang yang telah diolesi dengan margarin, lalu semprotkan adonan hijau d beberapa tempat dan berikan jarak. Atau anda bisa mendekorasi pemberian lapisan hijau ini dengan cantik.
  7. Setelah itu, siapkan kukusan dan panaskan secara merata. Setelah panas, masukkan kue kedalamnya dan kukus selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang dengan menggunakan api yang sedang.
  8. Nah, setelah matang angkat kue dan hamparkan pada permukaan wadah yang datang. Tunggu sampai agak hangat lalu berikan selai serikaya dibagian atasnya secara merata. Setelah itu, baru gulung dan padatkan dengan menggunakan tangan secara merata.

Setelah digulung, kemudian sajian ini akan siap anda santap dan nikmati selagi masih segar.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

loading...