Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Gulung Kacang Hijau yang Enak, Lembut dan Empuk

Sajian kue bolu gulung kacang hijau adalah sajian yang enak dan lezat. Ingin menyajikan hidangan ini dirumah?

Tak perlu khawatir, maka mari kita simak resepnya dibawah ini. Dengan menyimak resep kali ini, maka anda akan dapat menyajikan lezat dan nikmatnya hidangan ini.

kue gulung kacang hijau

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Gulung Kacang Hijau yang Enak, Lembut dan Empuk

Review

4.7 review 343

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Gulung Kacang Hijau yang Enak, Lembut dan Empuk

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 3 butir telur
  • 100 gram kacang hijau
  • 1 sendok teh sp
  • 75 gram gula pasir
  • 25 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram margarin, dilelehkan
  • 1 sendok makan susu cair

Bahan-Bahan Membuat Isian:

  • 150 ml susu cair
  • 1/8 sendok teh garam
  • 50 gram gula pasir
  • 15 gram cokelat bubuk
  • 1 1/2 sendok makan tepung maizena, dilarutkan untuk mengentalkan

Cara Membuat Kue Bolu Gulung Kacang Hijau yang Enak, Lembut dna Empuk

Cara Membuat Isian Kacang Ijo:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan membuat isian kacang ijo untuk membuat kue. Hal ini penting sekali karena isian ini setelah dibuat akan didinginkan terlebih dhaulu karena isian ini tidak dapat dituangkan saat masih panas. Untuk itu, maka kita akan bersihkan terlebih dahulu kacang hijaunya dengan mengunakan air bersih. Silahkan masukkan kacang hijau dalam baskom dan bersihkan terlebih dahulu bagian cangkangnya secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan dalam wadah dan tuangkan air bersih kedalamnya. Untuk selanjutnya, bersihkan dengan menggunakan air secara merata. Angkat kacang dari cucian dan bersihkan secara merata.
  3. Masukkan kacang hijau kedalam panci dan rebus dengan menggunakan air sampai kacang hijau menjadi lebih lunak dan mengembang. Setelah kacang hijau matang dan empuk, angkat dan haluskan dengan mesin blender atau food processor.
  4. Setelah itu, rebus susu dalam panci bersama dengan cokelt bubuk, gula pasir, garam dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai semua bahan tercampur merata.
  5. Terakhir, silahkan kentalkan bahan ini dengan menggunakan larutan mazeina secara merata. Aduk-aduk dengan merata dan cepat sampai bahan ini mengental.
  6. Angkat dan matikan kompor, lalu sisihkan sementara agar bahan ini menjadi lebih hangat.

Cara Membuat Kue Bolu Gulung Kacang Hijau:

  1. Sebelum membuat adonan kue, silahkan lumuri terlebih dahulu loyang dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dimaksudkan agar loyang tidak lengket saat kue akan dikeluarkan pada saat matang nantinya. Setelah itu, alasi loyang dengan menggunakan kertas roti dan sisihkan sementara.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan mengocok susu cari bersama dengan margarin yang sudah dilelehkan secara perlahan dengan menggunakan mizer sampai bahan ini tercampur merata.
  3. Lalu, masukkan telur dan juga gula pasir dana duk sampai bahan ini mengembang dan warnanya menjadi lebih pucat secara merata.
  4. Tuangakn tepung terigu kedalamnya dan aduk-aduk kembali secara merata. Nah, setelah semua bahan dicampur dan dikocok, tiba saatnya anda akan dapat memasukan bahan ini kedalam loyang dan bakar dalam oven selama kurang lebih 10 menit atau sampai kue matang secara merata.

Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan lepaskan dari loyang. Tunggu sampai agak hangat dan berikan bagian atasnya dengan bahan isian. Sebarkan bahan isian secara merata dan menyeluruh dan gulung lalu padatkan.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

loading...