Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Gulung Batik Keju yang Enak, Lembut dan Lezat

Lezat dan lembut adalah kata yang cocok menggambarkan sajian ini.

Betapa tidak, empuk dan gurihnya sajian membuat siapa saja ketagihan untuk mencicipinya. Nah, bagi anda yang ingin menyimak resep membuat sajian kue bolu gulung batik keju yang enak, maka mari kita simak resepnya dibawah ini.

kue gulung batik

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Gulung Batik Keju yang Enak, Lembut dan Lezat

Review

4.8 review 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

14 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Gulung Batik Keju yang Enak, Lembut dan Lezat

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 100 gram margarin, dilelehkan
  • 3 putih telur
  • 1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
  • 60 gram tepung terigu
  • 8 kuning telur
  • 75 gram butter cream untuk olesan
  • 100 gram gula pasir
  • 10 gram tepung maizena
  • 10 gram susu bubuk
  • 1/4 sendok teh cokelat pasta
  • 125 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara Membuat Kue Bolu Gulung Batik Keju yang Enak, Lembut dan Lezat

Tips Mempersiapkan Bahan dan Alat:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan untuk membuat kue. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah mixer, oven, loyang, baskom untuk membuat adonan dan beberapa wadah yang akan digunakan untuk menampung adonan. Setelah peralatan ini dipersiapkan, maka akan lebih mudah untuk anda dapat membaut sajian adonan kue dengan lebih mudah.
  2. Nah, bahan pertama yang akan dipersiapkan adalah telur. Silahkan pisahkan tiga telur utuh untuk kemudian akan dipecahkan dengan perlahan. Siapkan dua wadah berbeda dan pecahkan telur lalu pisahkan antara kuning dan puithnya. Nah, disini kita hanya akan membutuhkan putih telur dari 3 butir telur. Sementara untuk kuning telur, anda akan membutuhkan sebanyak 8 kuning telur. Untuk itu, sisa kuning telur ini bisa didapatkan dari menyiapkan 5 telur lagi dan ambil bagian kuningnya saja, kemudian sisihkan sementara.
  3. Untuk bahan selanjutnya adalah keju. Silahkan siapkan wadah dna parut untuk mengolah keju. Sebelum dicampur ke kue, silahkan parut terlebih dahulu bahan ini secara merata sampai semua bagian keju diparut secara merata. Lalu sisihkan sementara
  4. Untuk tepung, silahkan kukur tepung dengan menggunakan timbangan dan ukur dengan takaran yang pas sesuai dengan takaran yang ada pada resep. Setelah itu, masukkan dalam wadah dan ayak dengan menggunakan saringan.
  5. Untuk margarin, silahkan ukur margarin dengan takaran yang pas. Lalu, siapkan wajan dan lelehkan bahan ini secara merata dengan menggunakan wajan sampai meleleh secara merata. Setelah itu, angkat dari wajan dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Kue Bolu Gulung Batik Keju:

  1. Olesi terlebih dhaulu loyang ukuran 30x25x3 dengan menggunakan margarin secara merata sampai kebagian sudut dan pastikan jika semua bagain loyang terolesi dengan bahan ini. Setelah itu, sisihkan sementara dan taburi dengan menggunakan tepung terigu secara merata. Hal ini dimaksudkan agar kue yang akan dikeluarkan dari loyang tidak menempel pada loyang dan membuat kue sulit untuk dikeluarkan.
  2. Dalam baskom atau wadah, silahkan kocok beberapa bahan seperti telur, gula pasir dan juga emulsifier sampai mengembang dan berwarna pucat. Masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan tepung maizena dan susuh bubu yang telah diayak sebelumnya. Aduk-aduk merata dan gunakan kecepatan tinggi.
  3. Ambil sebanyak 50 gram adonan kue dan masukkan dalam piping bag atau plastik segitiga, lalu masukkan pasta coklat kedalamnya dan aduk-aduk merata.
  4. Lalu tambahkan margarin yang telah dilelehkan dalam sisa adonan bahan dan aduk-aduk secara perlahan sampai semua bahan ini tercampur merata.
  5. Setelah itu, baru tuangkan adonan dalam loyang dan ratakan bagian atasnya dengan menggunakan spatula.
  6. Kemudian, semprot miring adonan coklat tadi dan tarik dengan menggunakan tusuk gigi dengan arah yang berlawanan sampai membentuk pola batik.
  7. Panggang dalam oven selama kurang lebih 20 menit dibawah suhu 190 derajat.

Setelah matang, bagi dua cake dan ambil satu lembar cake untuk kemudian diberikan olesan buttercram dan diberikan taburan keju secara merata.

Setelah itu, baru gulung dan padatkan dengan menggunakan tangan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

loading...
loading...