Resep dan Cara Membuat Kue Apem Panggang Tradisional yang Enak, Lembut dan Nikmat

 

Kue apem merupakan kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan. Kue apem ini memiliki bentuk yang unik, yakni menyerupai mangkuk. Kue ini begitu populer di seluruh daerah Indonesia, bahkan sampai mancanegara.

Kue apem berhasil mempertahankan kepopulerannya sebagai kue tradisional meskipun saat ini banyak kue modern di pasaran. Dan tentunya hal itu menjadi kebanggaan tersendiri. Kue apem populer karena memiliki rasa yang enak dan khas. Kue ini begitu manis dan sedikit gurih karena dicampur dengan santan. Kue apem biasanya diolah dengan cara dikukus. Namun, lain halnya dengan kue apem yang satu ini, yang mana kue ini diolah dengan cara dipanggang.

Kue apem panggang ini sangat spesial, cita rasanya begitu enak dan nikmat. Serta teksturnya begitu lembut. Potongan nangka yang melengkapinya akan membuat anda ketagihan.

Sama dengan cara membuat kue apem lainnya, kue apem panggang ini juga mudah dibuat. Nah, berikut ini resep dan cara membuat kue apem panggang yang enak, nikmat dan lembut.

 RESEP KUE APEM PANGGANG

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Apem Panggang Tradisional yang Enak, Lembut dan Nikmat

Review

4.7 review 309

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Buah

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Apem Panggang Tradisional yang Enak, Lembut dan Nikmat

Bahan Utama Kue Apem Panggang

  • 4 butir telur
  • Mentega secukupnya
  • 300 gram gula pasir
  • 750 ml santan
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 400 gram tepung beras
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 100 gram tepung terigu
  • 250 gram tape

Bahan Topping

Nangka secukupnya

Cara Membuat Kue Apem Panggang Tradisional yang Enak, Lembut dan Nikmat

Cara Menyiapkan Bahan Kue Apem Panggang

  1. Pertama, potong nangka yang sudah anda siapkan membentuk dadu kecil.
  2. Kemudian, haluskan tape.
  3. Hangatkan santan dengan ditambahkan 1 sendok teh garam.

Cara Membuat Kue Apem Panggang

  1. Jika bahan bahan semuanya sudah disiapkan, anda bisa langsung mengolah adonan. Terlebih dahulu, siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan tepung beras ke dalam wadah tersebut. Masukan pula ragi dan tepung terigu. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai merata. Jika sudah, sisihkan.
  2. Setelah itu, kocok telur yang sudah dicampur dengan gula dan vanili bubuk hingga gula larut. Lalu, masukan tape yang sudah dihaluskan dan kocok kembali sampai merata.
  3. Selanjutnya, masukan campuran tepung bergantian dengan santan. Lalu kocok adonan hingga menyatu dan merata. Tutup adonan yang sudah dibuat dengan menggunakan serbet. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  4. Siapkan loyang atau cetakan khusus kue apem. Lalu olesi loyang atau cetakan kue apem tersebut dengan menggunakan mentega.
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil. Lalu panaskan loyang atau cetakan tersebut. Jika loyang atau cetakan sudah panas, tuangkan adonan. Tutup sebentar hingga terlihat adonan mengembang dan setengah matang.
  6. Jika taburan sudah setengah matang, ambil nangka dan taburi nangka potong tersebut di atasnya. Tutup kembali sampai kue apem benar-benar matang.
  7. Jika sudah matang, anda bisa langsung menyajikan kue ini di tempat yang sudah disiapkan.

Kue apem panggang sudah bisa anda nikmati. Namun,  alangkah lebih baik apabila kue ini dihangatkan terlebih dahulu sebelum disantap.

Itulah resep dan cara membuat kue apem panggang. Share resep ini kepada teman teman anda. Tambahkan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat