Resep dan Cara Membuat Kue Ape Pandan yang Manis, Garing dan Renyah

 

Kue ape merupakan kue yang berasal dari daerah Betawi atau Jakarta.

Berdasarkan sejarah, nama kue ini berasal dari tanya jawab di antara penjual dan pembelinya. Di daerahnya kue ini sangat populer dan digemari banyak orang. Meskipun berasal dari daerah Betawi, tetapi kue ini sudah banyak dijual di daerah lainnya. Biasanya kue ini di jual di pinggir jalan atau depan sekolah. Yang mana anak-anak biasanya antusias dengan kue yang satu ini.

Sepintas kue ape ini nampak mirip seperti bentuk kue serabi yang berasal dari Solo, namun kue ini lebih tipis serta bagian tengahnya sedikit basah dan tebal. Kue ini pada umumnya berwarna hijau, pinggiran dari kue ini memiliki tekstur yang garing dan renyah. Rasanya begitu manis dengan aroma pandan yang melengkapinya.

Kue ape merupakan jajanan pasar yang sederhana dan murah. Kue ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Cara membuat kue ini begitu praktis, bahan-bahan yang diperlukannya pun sederhana. Nah, bagi anda yang ingin membuat kue ape pandan di rumah, berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat kue ape pandan untuk anda semua.

RESEP KUE APE PANDAN

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Ape Pandan yang Manis, Garing dan Renyah

Review

4.9 review 305

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

35 Buah

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Ape Pandan yang Manis, Garing dan Renyah

  • 200 gram tepung beras
  • 1 sendok teh baking powder
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 400 ml air
  • 25 ml air daun suji yang diperoleh dari 25 lembar daun suji serta 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 8 tetes pasta pandan
  • 175 gram gula pasir

Cara Membuat Kue Ape Pandan yang Manis, Garing dan Renyah

  1. Langkah pertama dalam membuat kue ape ini yaitu, siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat aodnan. Apabila wadah sudah siap, campurkan bahan bahan seperti tepung terigu, tepung beras, baking powder dan garam. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai merata.
  2. Setelah itu, masukan gula. Lalu tambahkan setengah dari air yang sudah anda siapkan sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan menggunakan tangan selama kurang lebih 15 menit. Uleni bahan-bahan tersebut sampai merata.
  3. Selanjutnya, masukan sisa air. Tambahkan juga air daun suji sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai merata dan menyatu. Jika sudah, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  4. Nyalakan kompor dengan api besar. Lalu simpan wajan khusus kue ape di atasnya. Olesi wajan tersebut dengan menggunakan minyak.
  5. Kemudian, tuangkan adonan yang sudah anda olah tadi. Tekan bagian tengah kue ini sampai sisinya berkulit, lalu tutup. Kecilkan api kompor dan tunggu hingga kue ape ini benar-benar matang. Jika kue ape ini sudah matang, anda bisa langsung mengangkat dan kemudian menyajikannya pada tempat saji.

Kue ape pandan sudah siap dinikmati. Nikmati kue ini dalam keadaan hangat agar lebih enak.  Kue ini cocok disajikan di tengah-tengah keluarga tercinta ketika kumpul keluarga. Selain itu, kue ini juga bisa dijadikan bekal sekolah si kecil atau ketika piknik.

Itulah resep dan cara membuat kue ape pandan. Mudah bukan? Share resep ini kepada teman atau orang orang yang ada di sekitar  anda. Berikan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat