Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Pacar Cina yang Manis dan Mantap Untuk Buka Puasa

    Suka bingung memilih menu takjil untuk buka puasa nanti? Sajian kolak pisang pacar cina bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menu buka puasa nanti. Seperti yang kita ketahui, kolak menjadi hidangan yang khas saat bulan Ramadhan. Banyak pedagang aneka kolak yang menawarkan kenikmatannya untuk buka puasa.

    Salah satu kolak yang banyak disukai sebagai menu takjil untuk buka puasa yaitu kolak pisang. Lembutnya kolak pisang dengan kuah manis yang melengkapinya sangat memanjakan di lidah.

    Nah, untuk anda yang bosan dengan kolak pisang yang itu-itu saja, anda bisa menambahkan bahan pelengkap agar kolak tersaji dengan lebih istimewa dan spesial. Pacar cina dan kolang-kaling bisa anda kolaborasikan dengan pisang dalam sajian kolak. Sajian kolak yang spesial ini dijamin akan menggugah selera semua keluarga anda.

    Sama seperti membuat kolak pada umumnya, cara membuat kolak pisang pacar cina ini cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkannya pun sangat praktis. Untuk anda yang ingin membuat kolak pisang pacar cina di rumah, silahkan simak resep dan cara membuat kolak pisang pacar cina yang manis dan mantap untuk buka puasa di bawah ini. ( Baca juga : Puding Roti )

    Resep-Kolak-Pisang-Pacar-Cina.jpg

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Pacar Cina yang Manis dan Mantap Untuk Buka Puasa

    Review

    4,9 review 900

    Waktu Memasak

    Persiapan : 20 menit

    Memasak : 15 menit

    Total : 35 menit

    Jumlah Porsi

    5 Porsi

    Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kolak Pisang Pacar Cina yang Manis dan Mantap Untuk Buka Puasa

    Bahan dan Bumbu Utama Kolak Pisang Pacar Cina

    • 5 buah pisang tanduk
    • 150 gram kolang kaling
    • 2 lembar daun pandan
    • 250 gram gula merah
    • 1/4 sendok teh garam
    • 50 gram pacar cina
    • 50 gram gula pasir
    • 750 ml air

    Bahan Untuk Santan

    • 300 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa
    • 1/4 sendok teh garam
    • 1 lembar daun pandan

    Cara Membuat Kolak Pisang Pacar Cina yang Manis dan Mantap Untuk Buka Puasa

    Cara Menyiapkan Bahan-Bahan Kolak Pisang Pacar Cina

    1. Pertama kali, silahkan ambil pisang yang sudah anda siapkan. Kemudian kupas pisang dan potong miring dengan  ukuran sekitar 4-5 cm.
    2. Cuci kolang-kaling hingga bersih. Lalu belah menjadi 2 bagian, jika sudah anda bisa langsung meniriskannya.
    3. Iris gula merah hingga halus.
    4. Cuci daun pandan dan buat simpul.

    Cara Membuat Kolak Pisang Pacar Cina

    1. Siapkan panci yang akan digunakan untuk membuat kolak pisang. Lalu rebus pisang bersama dengan air dan bahan-bahan yang lainnya seperti kolang-kaling, gula pasir, garam, daun padan dan gula merah. Rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api kecil. Aduk semua bahan-bahan hingga merata dan meresap. Semakin sedikit kuah maka pengadukan pun harus semakin pelan-pelan.
    2. Siapkan kembali panci. Lalu masukan santan bersama dengan bahan yang lainnya seperti garam dan daun pandan. Rebus santan sambil diaduk hingga mendidih.
    3. Sajikan pisang dan pacar cina bersama dengan kuah santan yang sudah dibuat.

    Kolak pisang untuk menu buka puasa sudah selesai dibuat. Sajikan dalam keadaan hangat agar terasa lebih nikmat. ( Artikel lainnya : Resep Menu Takjil Bubur Candil yang Lembut, Sedap dan Nikmat )

    Itulah resep dan cara membuat kolak pisang pacar cina. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda dengan cara klik 'share' yang sudah kami sediakan.

    Loading...