Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Masak Bumbu Rujak yang Enak dan Lezat

Sajian ikan tongkol memang menjadi hidangan istimewa yang begitu spesial.

Apalagi saat sajian ini dipadu dengan bumbu dan rempah yang begitu nikmat, sudah bisa ditebak sajian ini akan menghasilkan masakan yang nikmat dan lezat.

Nah, salah satu sajian yang dibuat dari bahan dasar ikan tongkol adalah ikan tongkol masak bumbu rujak yang enak dan lezat. Hidangan ini selain mantap, juga cukup mudah dibuat sendiri dirumah. Ingin tahu seperti apa resep membuat ikan tongkol masak bumbu rujak? Kita simak berikut ini.

ikan tongkol bumbu rujak

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Masak Bumbu Rujak yang Enak dan Lezat

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

7 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Tongkol Masak Bumbu Rujak yang Enak dan Lezat

Bahan dan Bumbu Ikan Tongkol:

  • 500 gr Ikan Tongkol
  • 2 cm Jahe
  • 2 siung  Bawang Merah
  • 2 siung Bawang Putih
  • 2 cm Kunyit

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 2 siung  Bawang Putih
  • 2 biji Kemiri
  • 1 buah Tomat
  • secukupnya Garam
  • 5 buah Cabai Merah
  • 2 siung  Bawang Merah
  • secukupnya Penyedap Rasa

Cara Membuat Ikan Tongkol Masak Bumbu Rujak yang Enak dan Lezat

Cara Mempersiapkan Ikan Tongkol Sebelum Dimasak:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk kali ini adalah dengan membersihkan ikan tongkol yang sudah anda beli dari pasar. Untuk membersihkan ikan tongkol anda bisa melakukannya dengan membawa ikan tongkol ke tempat cucian dan bersihkan lendir yang ada dibagian permukaan ikan.
  2. Selesai dicuci, kita bersihkan pula bagian kepala ikan yakni dibagian insang ikan. Untuk membersihkan bagian ini anda bisa melakukannya dengan cara buka bagian kepala ikan dengan menggunakan tangan dan bersihkan insang ikan hingga semua lapisan insang bisa dibersihkan secara merata.
  3. Kemudian, bersihkan pula bagian perut ikan dan keluarkan jeroan ikannya. Caranya, gunakan pisau dapur untuk membelah bagian perut ikan dan bersihkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan hingga dipastikan tidak ada bagian jeroan ikan yang masih tersisa didalamnya.
  4. Setelah selesai, silahkan potong-potong ikan tongkol dengan bentuk bulat dengan ketebalan yang diingikan. Lalu lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan taburan garam agar bau amis yang melekat pada ikan bisa dibersihkan secara merata. Kemudian diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Rujak:

  1. Setelah ikan didiamkan selama waku yang telah tentukan. Kemudian siapkan rebusan dalam panci dan rebus ikan dengan bawang putih , bawang merah, kunyit dan potongan jahe hingga matang dan merata.
  2. Setelah ikan matang, angkat ikan dan tiriskan. Lalu goreng ikan dalam minyak panas hingga kering dan krispi.
  3. Setelah itu, haluskan bawag merah, kemiri, bawang putih, cabe merah dan tomat dengan menggunakan ulekan hingga halus.
  4. Ambil wajan baru, berikan sedikit minyak dan tunggu hingga minyak panas. Lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya hingga tercium bau harum yang sedap.
  5. Tambahkan garam, penyedap dan gula pasir beserta ikan tongkol yang telah anda goreng sebelumnya. Lalu aduk-aduk hingga merata dan masak namun jangan dimasak terlalu kering, biarkan hingga bumbu meresap saja.

Setelah matang, silahkan angkat hidangan ini dari kompor dan sajikan dalam piring saji, lalu santap bersama dengan nasi hangat yang lezat. Demiian resep membuat ikan tongkol bumbu rujak yang enak dan lezat, semoga resep ini bisa ibu buat dirumah dengan mudah dan sederhana.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

loading...