Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Kuning Spesial yang Enak dan Sedap

Sajian ikan kembung bumbu kuning adalah hidangan yang lezat.

Nah, jika biasanya menu hidangan ikan seringkali disantap direstoran atau rumah makan, kali ini tidak ada salahnya jika ibu menghidangkan sendiri hidangan ini dirumah. Sebab bahan-bahan yang digunakanpun cukup mudah dijumpai. Yuk, simak resep ikan kembung bakar bumbu kuning berikut ini.

ikan kembung bakar bumbu kuning

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Kuning Spesial yang Enak dan Sedap

Review

4.7 review 133

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Kuning Spesial yang Enak dan Sedap

Bahan Utama Ikan Kembung:

  • 500 gram ikan kembung
  • 1/2 sdt garam dapur
  • 1 sendok teh air asam

Bumbu dan Bahan Ikan Bakar:

  • 1 sendok teh garam
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu Ikan Bakar yang Dihaluskan:

  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 3 cm kunyit, dibakar
  • 2 cm jahe
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh terasi

Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Kuning Spesial yang Enak dan Sedap

Cara Membersihkan Ikan Kembung:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan kali ini adalah dengan membersihkan ikan kembung yang sudah anda beli. Hal ini penting sekali karena ada beberapa bagian pada ikan kembung yang harus dibuang dan dibersihkan karena bagian ini menumpuk banyak kuman dan kooran dan selain itu bagian ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumi. Nah, bagian pertama yang akan kita bersihkan adalah bagian insang dikepala ikan. Caranya, silahkan keluarkan insang dari kepala ikan dengan menggunakan tangan dan pastikan jika bagian insang bisa dibersihkan secara merata.
  2. Setelah selesai dibersihkan, selanjutnya silahkan bersihkan bagian perut ikan. Caranya, kita belah bagian perut ikan dengan menggunakan tangan dan bersihkan bagian jeroan ikan dengan menggunakan tangan dan pastikan jika tidak ada bagian jeroan ikan yang masih tersisa didalam perut ikan. Selain itu, bersihkan pula bagain dalam perut ikan jika masih ada kotoran dan noda yang tersisa didalamnya.
  3. Jika bagian tubuh ikan telah dibersihkan secara merata, silahkan kerat bagian perut ikan dikua bagian sisi agar bumbu meresap pada ikan hingga kebagian daging ikan.
  4. Setelah ikan dikerat, silahkan lumuri ikan dengan air asam, merica dan garam dapur secara merata. Hal ini berfungsi agar bau amis pada ikan bisa dihilangkan tau diminimalisir. Dan sisihkan sementara agar bumbu meresap pada ikan secara merata.

Cara Membuat Ikan Bakar Kuning:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membuat ikan kembung bakar bisa dilakukan dengan merebus santan bersama dnegan bumbu halus, air asam dan ikan sambil diaduk-aduk hingga meresap dan santan mendidih. Namun pastikan agar santan tidak pecah sewaktu dimasak, caranya pertahankan mengaduk santan hingga mendidih secara merata.
  2. Setelah bumbu meresap pada ikan secara merata, sekarang mastikan api dan tunggu selama kurang lebih 20 menit atau hingga ikan menjadi lebih dingin pada suhu ruangan.
  3. Setelah itu, silahkan bakar ikan sambil sesekali diolesi dengan bumbu rebusan yang masih tersisa. Dan jangan lupa balikan ikan sewaktu dibakar agar ikan tidak gosong.

Nah, setelah ikan matang sekarang angkat ikan dari panggangan dan sajikan diatas piring saji. Hidangan ini bisa disantap dengan nasi hangat yang pulen ketika ikan baru saja diangkat. Rasanya tentu saja tidak lagi diragukan, selera makan anda akan semakin tergugah dan membuat anda sulit berhenti menikmati hidangan ini. Demikian resep membuat ikan kembung bakar bumbu kuning yang enak dan sedap.

Silahkan klik tombol share berikut ini agar anda bisa berbagi resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda