Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Kecap Sederhana yang Mudah Namun Enak dan Lezat

    Sajian ikan kembung bakar bumbu kecap adalah hidangan yang mudah dibuat dengan citarasa yang nikmat dan enak.

    Ingin tahu seperti apa resep ikan kembung bakar bumbu kecap sederhana agar ibu bisa menghidangan sajian ini dirumah? Yuk, kita simak resepnya berikut ini.

    ikan kembung bakar kecap

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Kecap Sederhana yang Mudah Namun Enak dan Lezat

    Review

    4.7 review 98

    Waktu Memasak

    Persiapan:

    Memasak:

    Total:

    Jumlah Porsi

    3 Porsi

    Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Kecap Sederhana yang Mudah Namun Enak dan Lezat

    Bahan dan Bumbu Ikan Kembung:

    • 3 ekor ikan kembung
    • 1/2 sendok teh garam
    • 1 sendok teh air jeruk
    • 2 sendok teh asam jawa (dari 2 butir asam jawa)
    • 50 ml air
    • 4 sendok makan kecap manis

    Bumbu Halus Ikan Kembung Bakar:

    • 6 buah cabai merah
    • 1 sendok teh garam
    • 1 sendok teh terasi
    • 2 cm jahe
    • 12 butir bawang merah

    Bahan Pelengkap Ikan Kembung Bakar:

    • Lalapan
    • Sambal Kecap
    • Jeruk sambal

    Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Kecap Sederhana yang Mudah Namun Enak dan Lezat

    Cara Membersihkan Ikan Kembung Segar:

    1. Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika anda baru saja membeli ikan kembung segar dari pasar adalah dengan membersihkan ikan terlebih dahulu dan mengetahui bagaimana cara membersihkannya. Sebab ada bagian tertentu dan beberapa bagian pada ikan kembung yang harus dibuang dan dibersihkan. Nah, bagian ikan yang pertama yang akan dibersihkan adalah bagian kepala ikan, yakni tepatnya adalah insang ikan. Bagian ini perlu dibuang karena disinilah kotoran banyak menumpuk. Nah, untuk membersihkan bagian ini kita bisa melakukannya dengan cara, buka bagian kepala ikan sedikit saja dan keluarkan insang ikan dengan menggunakan tangan. Pastikan jika semua bagian ikan dibersihkan secara merata dan kepala ikan dibersihkan pula hingga bersih merata.
    2. Apabila semua bagian ikan sudah dibersihkan secara merata, sekarang silahkan lanjutkan dengan membersihkan bagian isi perut ikan dengan mengeluarkan jeroan ikan dari perutnya. Caranya, belah ikan dibagian perutnya sedikit saja, lalu bersihkan jeroan ikan secara merata dengan menggunakan tangan. Selain itu, pastikan pula jika bagian perut ikan diberishkan dibawah air yang mengalir.
    3. Nah, jika semua bagian ikan sudah dibersihkan, silahkan kerat bagian tubuh ikan dikedua bagian sisi agar bumbu bisa meresap pada ikan secara merata.
    4. Setelah itu, lumuri ikan dengan menggunakan air perasan jeruk nipis bersama dengan garam. Dan pastikan jika anda melumurinya pada semua bagian ikan secara merata.
    5. Setelah selesai dilumuri, diamkan terlebih dahulu dan tunggu hingga bumbu ini meresap pada ikan secara merata.

    Cara Membuat Ikan Kembung Bakar:

    1. Nah, setelah ikan didiamkan selama waktu yang telah ditentukan. Sekarang kita buat terlebih dahulu bumbu untuk ikannya. Caranya, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.
    2. Setelah bumbu mengeluarkan aroma yang harum, selanjutnya masukkan ikan kembung yang telah dibersihkan kedalamnya dan masak serta aduk-aduk merata sampai bumbu tercampur dengan ikan.
    3. Tambahkan kecap manis bersama dengan air asam dan aduk-aduk merata sampai ikan terbaluti dengan bumbu kecap dan masak hingga meresap secara merata. Lalu tuangkan air dan masak hingga meresap.
    4. Setelah itu, bakar ikan diatas bara api dan bakar hingga matang. Jangan lupa untuk membulak-balikan ikan agar tidak gosong.

    Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dari bara api dan tata diatas piring saji dengan bahan pelengkap yang sudah anda persiapkan. Demikian resep membuat ikan kembung bakar yang enak dan sedap.

    Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.