Resep dan Cara Membuat Es Kacang Merah yang Segar, Lezat dan Bergizi

Selain dijadikan sebagai hidangan utama untuk menu makan, kacang merah bisa diolah menjadi aneka hidangan yang nikmat untuk cemilan atau dessert. Salah satu olahan kacang merah yang bisa anda buat di rumah yaitu es kacang merah. Si kecil dan seluruh keluarga anda akan suka dengan hidangan yang lezat dan bergizi ini.

Nah, untuk merasakan kenikmatan es kacang merah ini, anda tidak perlu membelinya. Karena anda bisa membuatnya di rumah sendiri. Anda bisa membuat es kacang merah di rumah bersama si kecil. Kudapan yang memiliki nilai gizi tinggi ini mudah dibuat dan bahan yang dibutuhkannya praktis. Untuk memudahkan anda ketika membuat es kacang merah di rumah, anda bisa langsung simak resep dan cara membuatnya di bawah ini. ( Baca juga : Puding Roti Kukus )

Resep-es-kacang-merah.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Es Kacang Merah yang Segar, Lezat dan Bergizi

Review

4,9 review 900

Waktu Memasak

Persiapan : 10 menit

Memasak : 15 menit

Total : 25 menit

Jumlah Porsi

10 buah

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Es Kacang Merah yang Segar, Lezat dan Bergizi

Bahan I Es Kacang Merah

  • 100 gram kacang merah kaleng
  • 1 lembar daun pandan
  • 200 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa
  • 75 gram gula pasir

Bahan II Es Kacang Merah

  • 400 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Es Kacang Merah yang Segar, Lezat dan Bergizi

Cara Menyiapkan Bahan Es Kacang Merah

  1. Pertama-tama langkah yang harus anda lakukan yaitu merendam kacang merah kaleng yang sudah anda siapkan selama kurang lebih 2 jam.
  2. Cuci daun pandan sampai bersih. Lalu ikat.

Cara Membuat Es Kacang Merah

  1. Ambil kacang merah yang sudah anda rendam tadi. Lalu presto hingga teksturnya benar-benar empuk.
  2. Setelah itu, siapkan panci. Lalu masukan air sebanyak kurang lebih 500 ml. Masukan kacang merah ke dalam panci dan rebus bersama bahan bahan yang lainnya seperti gula pasir dan daun pandan. Lalu aduk merata hingga kacang merah hancur dan lembut.
  3. Selanjutnya, ambil santan untuk bahan I dan masukan ke dalam rebusan kacang merah. Lalu aduk hingga mendidih.
  4. Masukan larutan maizena dan aduk hingga kental. Aduk-aduk hingga semua bahan benar-benar kental. Setelah seperti itu, silahkan angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  5. Pada wadah yang berbeda, silahkan rebus santan untuk bahan II bersama bahan bahan yang lainnya seperti daun pandan, gula pasir dan garam. Aduk semua bahan-bahan tersebut dan masak sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih, silahkan angkat dan dinginkan. Lalu masukan kacang merah dan aduk hingga merata.
  7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, anda bisa menggunakan cetakan es loli. Isi semua cetakan es loli dengan adonan. Lalu bekukan dalam lemari es.

Es kacang merah yang sedap dan segar sudah selesai dibuat. Tunggu beberapa saat hingga es benar-benar beku, baru setelah itu anda bisa langsung menikmatinya. Rasanya yang segar dijamin akan membuat anda ketagihan. ( Lihat juga : Es Pisang Ijo )

Demikian resep dan cara membuat es kacang merah. Selamat berkreasi di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman atau sahabat anda dengan klik tombol 'share' yang sudah kami sediakan. Terimakasih.

Loading...