Resep dan Cara Membuat Dorayaki Isi Kacang Hitam yang Enak, Lembut dan Praktis

Nikmati lezat dan lembutnya sajian dorayaki isi kacang hitam yang sedap. Sajian ini akan dapat dengan mudah dibuat dirumah. Yuk, simak langsung seperti apa resep membuat hidangan dorayaki isi kacang hitam yang enak dibawah ini.

dorayaki-kacang-hitam.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dorayaki Isi Kacang Hitam yang Enak, Lembut dan Praktis

Review

4.8 review 765

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dorayaki Isi Kacang Hitam yang Enak, Lembut dan Praktis

Bahan-Bahan Kue:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram mentega
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 50 gram tepung gula
  • 60 ml susu cair

Bahan Isian:

  • 50 gram kacang hitam
  • 125 ml santan
  • 30 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok makan margarin

Cara Membuat Dorayaki Isi Kacang Hitam yang Enak, Lembut dan Praktis

Cara Membuat Bahan Isian:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu membersihkan kacang hitam yang sudah anda beli. Silahkan bersihkan bahan ini dengan menggunakan air bersih dan cuci sampai kotoran dan kuman yang mungkin terdapat dalam kacang dapat dibersihkan secara merata.
  2. Kemudian angkat kacang dari cucian dan tiriskan airnya secara merata. Ambil kembali wadah yang lain dan tuangkan air bersih kedalamnya. Masukkan kembali kacang dan rendam sementara agar kacang menjadi lebih empuk dan mudah untuk dimasak.
  3. Setelah selesai, angkat kacang dan masukkan dalam panci dengan diberikan secukupnya air. Lalu rebus bahan ini secara merata sampai mendidih dan empuk menjadi lebih halus.
  4. Angkat kacang yang sudah empuk dan matang lalu tiriskan kembali airnya dan letakkan kacang dalam wadah untuk kemudian anda akan dapat menyisihkan sajian yang satu ini.
  5. Bila suah selesai siapkan sebuah panci dan masukkan kembali kacang hitam yang sudah anda rebus kedalamnya. Kali ini tuangkan pula gula, santan, daun pandan dan garam. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata.
  6. Hancurkan kacang dengan menggunakan spatula saat anda memasak sajian ini. Aduk-aduk terus sampai semua bahan ini tercampur dan menjadi lebih kalis secara merata.
  7. Masukkan margarin dan aduk-aduk kembali sampai adonan isian kacang hitam menjadi lebih licin secara merata. Setelah matang, angkat dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah wadah dan aduk rata tepung terigu bersama dengan soda kue dan juga gula. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  2. Setelah itu, masukkan campuran susu bersama dengan telur yang sebelumnya sudah anda aduk-aduk secara merata sampai tercampur.
  3. Bila semua adonan sudah tercampur dan teraduk secara merata, silahkan panaskan pan diatas api yang kecil lalu tunggu sampai pan menjadi lebih panas secara merata.
  4. Baru tuangkan adonan kedalamnya sebanyak kurang lebih 1 sendok sayur atau secukupnya sesuai dengan selera anda. Tunggu dan biarka agar dorayaki menjadi lebih matang secara merata.
  5. Setelah itu, balikkan agar bagian yang lainnya menjadi lebih matang secara merata. Masak kembali sampai berwarna kecoklatan dan biarkan sebentar. Lakukan hal yang sama pada adonan yang masih tersisa sampai habis.

Ambil satu bagian dorayaki dan berikan dengan isian yang sudah dibulatkan lalu dipipihkan diatas lembaran dorayaki. Setelah itu, tutupi dengan lembara dorayaki yang lain dan rapatkan. Sajikan bersama dengan keluarga.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

loading...