Resep dan Cara Membuat Donat Karamel yang Nikmat, Sedap dan Praktis

 

Nikmat dan sedapnya hidangan donat caramel memang seolah tak ada duanya.

Apalagi dinikmati dengan secangkir teh hangat pada pagi atau sore hari akan membuat sajian ini benar-benar sempurna. Nah, agar anda bisa menyajikan hidangan ini dirumah, mari simak resepnya dibawah ini.

donat karamel

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Donat Karamel yang Nikmat, Sedap dan Praktis

Review

4.8 review 453

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Donat Karamel yang Nikmat, Sedap dan Praktis

Bahan-Bahan Donat:

  • 325 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan rum
  • 125 ml susu hangat
  • 30 gram mentega tawar
  • 1 bungkus ragi instan
  • 1 putih telur
  • 40 gram gula pasir
  • 3 kuning telur
  • 1/4 sendok teh pasta vanila
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Topping Donat:

  • 100 gram white cooking chocolate
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok makan maizena
  • 150 ml air panas

Cara Membuat Donat Karamel yang Nikmat, Sedap dan Praktis

Cara Membuat Adonan Donat:

  1. Hal pertama boleh dilakukan dengan mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donut. Beberapa barang ini adalah perkakas yang penting yang harus anda persiapkan terlebih dahulu sebelum anda terburu membuat adonan. Selain akan membuat anda lebih mudah dalam membuat adonan, nantinya anda akan bisa membuat adonan dengan lebih cepat dan lebih fokus. Untuk itu, mengingat cukup pentingnya beberapa peralatan ini, maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah baskom, loyang, wajan dan beberapa wadah.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep. Hanya saja ada beberapa bahan yang perlu terlebih dahulu diolah sebelum dimasak dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Bahan tersebut adalah mentega. Untuk bahan ini kita perlu melelehkannya terlebih dahulu. Caranya, masukkan margarin kedalam wajan dan panaskan diatas kompor, tunggu dan biarkan sampai bahan tersebut menjadi lebih mendidih secara merata.
  3. Untuk membuat adonan donat bisa dilaukan dengan meletakan tepung kedalam bowl alumunium. Berikan luang dibagian tengah tepung, lalu masukkan kedalamnya ragi bersama dengan 50 ml susu hangat. Aduk-aduk bahan ini dengan menggunakan garpu secara merata.
  4. Dalam wadah yang lain, silahkan kocok terlebih dahulu telur bersama dengan gula dengan menggunakan mixer secara merata dnegan kecepatan yang sedang selama kurang lebih 1 menit hingga mengental. Setelah itu, silahkan masukkan rum dan pasta vanilla juga 50 ml susu hangat sedikit demi sedikit. Lalu aduk bahan ini dengan menggunakan wire whisk secara merata.
  5. Tambahkan tepung kedalam adonan dan uleni dengan menggunakan tangan atau mixer besar sampai bahan ini menjadi lebih kalis secara merata. Masukkan mentega leleh bersama dengan garam, kemudian uleni bahan ini kembali selama 10 menit.
  6. Setelah kalis, diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit. Lalu uleni dengan tangan selama kurang lebih 2 menit dan taburi dengan menggunakan tepung terigu, lalu diamkan kembali selama 1 jam.
  7. Kempiskan adonan, giling dengan menggunakan gilingan dan potong dengan bentuk bulat. Diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit, sambil ditutup dengan menggunakan lap.
  8. Panggang dalam oven sampai matang selama kurang lebih 10 menit dibawah suhu 30 derajat celcius.
  9. Lalu goreng dalam minyak goreng yang telah dipanskan secara merata sampai matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Topping:

  1. Gosongkan gula pasir, tuangkan air panas kedalamnya. Aduk-aduk bahan tersebut sampai larut dan mendidih. Kentalkan dengan larutan mazeina yang telah dicampur dengan 1 sendok makan air. Aduk-aduk sampai bahan tersebut meletup.
  2. Masukkan white cooking coklat dan aduk-aduk kemabli merata.

Ambil donat dan celupkan dalam bahan tersebut lalu sajikan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat