Resep dan Cara Membuat Botok Jantung Pisang yang Sedap dan Mudah

    Sajian jantung pisang merupakan salah satu sajian yang digemari oleh banyak orang. Banyak olahan jantung pisang yang bisa kita buat di rumah dengan mudah. Selain gulai jantung pisang atau tumis jantung pisang yang terkenal akan kelezatannya, salah satu sajian jantung pisang yang begitu menggoda yaitu botok jantung pisang. Botok jantung pisang itu sendiri merupakan olahan jantung pisang yang dicampur dengan kelapa dan aneka bumbu serta rempah pilihan, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan diolah dengan cara dikukus. ( Baca juga : Resep Sayur Lodeh )

    Botok jantung pisang bisa menjadi referensi bagi anda dalam memilih menu makan untuk hari ini. Mengapa tidak, cita rasanya begitu sedap dan sangat memanjakan lidah. Rempah dan bumbu yang kaya menjadikan sajian botok jantung pisang ini semakin istimewa. Hanya dengan waktu sekejap dan modal yang sedikit, anda bisa menyajikan menu ini di meja makan  untuk keluarga tercinta.

    Penasaran dan ingin mencoba menu makan yang satu ini? Yuk simak resep dan cara membua botok jantung pisang di bawah ini.

    Resep-botok-jantung-pisang.jpg

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Botok Jantung Pisang yang Sedap dan Mudah

    Review

    4,9 review 890

    Waktu Memasak

    Persiapan : 20 menit

    Memasak : 30 menit

    Memasak :40 menit

    Jumlah Porsi

    10 Buah

    Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Botok Jantung Pisang yang Sedap dan Mudah

    Bahan Utama Botok Jantung Pisang

    • 300 gram jantung pisang
    • 2 sendok makan air
    • 25 gram petai cina
    • 2 buah cabai hijau merah
    • 200 gram kelapa parut kasar muda
    • 8 lembar daun pisang untuk membungkus

    Bumbu Botok Jantung Pisang

    • 2 lembar daun salam
    • 1 sendok teh gula pasir
    • 8 butir bawang merah
    • 1/2 sendok makan garam
    • 3 siung bawang putih

    Cara Membuat Botok Jantung Pisang yang Sedap dan Mudah

    Cara Menyiapkan Bahan Bahan Botok Jantung Pisang

    1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu mengolah jantung pisang. Ambil jantung pisang yang sudah anda siapkan. Lalu rebus jantung pisang tersebut hingga matang. Jika sudah matang,  anda bisa langsung mengangkat dan memotong-motong jantung pisang tersebut.
    2. Kupas bawang merah dan bawang putih yang sudah anda siapkan. Jika sudah, anda bisa mengiris tipis bawang tersebut.
    3. Iris serong tipis cabai hijau merah dan potong-potong daun salam yang sebelumnya sudah anda cuci.

    Cara Membuat Botok Jantung  Pisang

    1. Siapkan wadah, lalu masukan bahan bahan seperti misalkan petai cina, kelapa parut, jantung pisang,  bawang putih, bawang merah, daun salam, cabai hijau merah, gula pasir, garam dan air ke dalam  wadah tersebut. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata.
    2. Ambil  selembar daun pisang yang sebelumnya sudah anda bersihkan. Lalu ambil campuran bahan-bahan  tersebut dan simpan di  atas daun pisang. Setelah itu, bungkus adonan dan sematkan lidi di ujung-ujungnya agar daun pisang tidak terlepas.
    3. Siapkan alat pengukus. Lalu kukus semua bahan  yang sudah dibungkus dengan menggunakan daun pisang di atas api sedang selama  kurang lebih 30 menit atau hingga benar-benar matang.
    4. Setelah matang, anda bisa langsung mengangkat dan menyajikannya di atas tempat saji yang sudah disiapkan.

    Botok jantung pisang sudah selesai dibuat. Anda bisa langsung menyajikannya di meja makan untuk disantap. Akan lebih nikmat jika sajian ini disantap dalam keadaan hangat. ( Artikel lainnya : Sayur Lodeh )

    Itulah  resep dan cara membuat botok jantung pisang. Sederhana  dan mudah bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa share resep ini kepada teman-teman anda.