Resep dan Cara Membuat Bakpao Isi Kentang yang Lembut dan Asli Enak

Sajian bakpao isi kentang adalah hidangan kue yang lezat.

Sajian ini akan bisa ibu jadikan sebagai cemilan lezat dirumah. Atau bisa juga dijadikan sebagai bekal si kecil ke sekolah, selain lezat hidangan ini juga cukup mengenyangkan sehingga akan cocok untuk si kecil dan keluarga.

bakpao-kentang.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bakpao Isi Kentang yang Lembut dan Asli Enak

Review

4.8 review 765

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bakpao Isi Kentang yang Lembut dan Asli Enak

Bahan-Bahan Kulit Bakpao:

  • 180 gram tepung terigu protein rendah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram air
  • 20 gram mentega putih
  • 6 gram baking powder
  • 75 gram gula pasir halus
  • 6 tetes pewarna merah jambu

Bahan Biang:

  • 1 1/2 sendok teh ragi instan
  • 200 gram tepung terigu protein rendah
  • 10 gram gula pasir halus
  • 110 gram air

Bahan Isian:

  • 100 gram kentang
  • 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Bakpao Isi Kentang yang Lembut dan Asli Enak

Cara Membuat Isian:

  1. Untuk membuat bahan isian silahkan bersihkan terlebih dahulu kentang dengan dicuci menggunakan air bersih secara merata. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang masih bersarang pada bagian luar kentang.
  2. Setelah bersih, lanjutkan dengan mengukus kentang dalam panci sampai empuk dan matang secara merata selama kurang lebih 15 menit.
  3. Angkat kentang yang telah matang, dan haluskan dengan menggunakan mesin blender atau ditumbuk dengan menggunakan ulekan secara merata sampai halus merata.
  4. Setelah itu, campurkan kentang bersama dengan gula pasir, garam, santan dan juga daun pandan secara merata. Masak bahan ini sampai matang dan kalis dalam sebuah wajan. Setelah selesai, angkat sajian ini dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Bakpao:

  1. Untuk membuat roti bakpao dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mencampurkan bahan biang dalam wadah. Caranya, masukkan tepung terigu bersama dengan ragi instan dan juga gula pasir. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur. Lalu uleni sampai kalis.
  2. Setelah itu, silahkan masukkan air kedalamnya dan uleni kembali samapai bahan biang menjadi tidak lengket ke tangan. Lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  3. Bila sudah selesai, anda akan dapat membuat adonan untuk roti bakpao. Caranya, silahkan campurkan tepung terigu bersama dengan gula pasir dan juga baking powder. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata.
  4. Masukkan bahan biang kedalamnya dan masukkan air untuk kemudian uleni bahan ini secara merata sampai elastis dan tercampur.
  5. Masukkan mentega putih kedalam adonan dan selanjutnya ikuti dengan memasukkan garam. Seperti sebelumnya, silahkan uleni kembali semua bahan ini sampai merata.
  6. Untuk mempercantik tampilan, silahkan masukkan pewarna merah jambu kedalam adonan dan aduk-aduk kembali sampai warna adonan berubah.
  7. Ukur masing-masing adonan seberat 40 gram. Lalu bulatkan dengan menggunakan tangan dan diamkan bahan ini selama kurang lebih 10 menit hingga mengembang.
  8. Pipihkan adonan dengan menggunakan tangan dan berikan isian dibagian tengahnya secara merata. Lalu bentuk kembali dengan bentuk bulat. Letakkan adonan diatas kertas bakpao secara merata. Lalu diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit hingga bahan ini mengembang.
  9. Setelah itu, silahkan kukus dalam kukusan selama kurang lebih 15 menit sampai matang dan empuk.

Bila sudah matang, angkat, keluarkan dan lepaskan kertas alas bagian bawahnya. Untuk kemudian anda akan siap menghidangkan sajian ini.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda dibawah ini.  

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat