Cara Praktis dan Mudah Bersihkan Kompor dan Dinding Dapur yang Berminyak

    Ketika memasak, kerap kali kita tidak sengaja menumpahkan minyak pada kompor atau minyak meletup keluar dan mengenai dinding dapur.

    Jika  dibiarkan biasanya noda minyak tersebut akan mengendap dan sulit dihilangkan. Selain akan menimbulkan bau yang tidak sedap, juga akan mengganggu keindahan serta akan merusak lapisan cat pada kompor. Keadaan ini tentunya sangat menjengkelkan bukan?

    Biasanya banyak orang membersihkan cipratan minyak tersebut hanya dengan menglapnya saja menggunakan lap kering maupun lap basah, namun nyatanya cara tersebut tidak akan membersihkan noda minyak secara tuntas karena sisa-sisanya masih akan menempel.

    Oleh sebab itu, diperlukan cara cerdas untuk mengatasinya. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi noda bekas minyak, caranya cukup mudah dan praktis. Bahkan ada cara alternatif lain yang bisa dilakukan untuk lebih memudahkan, sehingga dengan adanya cara ini kompor dan dinding dapur anda akan kembali bersih dan harum. Lantas seperti apa caranya?

    CARA BERSIHKAN KOMPOR

    Untuk mengetahuinya, anda bisa simak cara praktis dan mudah bersihkan kompor dari noda minyak di bawah ini.

    Cara Praktis dan Mudah Bersihkan Dinding Dapur yang Berminyak

    Larutan tepung maizena dan cuka

    Untuk menghilangkan atau mengatasi minyak yang menempel pada kompor atau dinding dapur, bahan pertama yang bisa anda manfaatkan yaitu larutan yang terbuat dari tepung maizena dan cuka. Cara membuat larutan yang dimaksud cukup mudah, dimana langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu campurkan kedua bahan tersebut dan aduk merata sampai menjadi pasta. Kemudian, tambahkan air sampai sedikit encer. Baru setelah itu, anda bisa langsung mengoleskannya pada kompor atau dinding dapur yang berminyak.

    Usap menggunakan spons

    Jika anda sudah mengaplikasikan atau mengoleskan larutan di atas pada kompor dan dinding dapur, maka anda bisa melanjutkan pada langkah berikutnya. Ambil spons, lalu usapkan spons tersebut pada kompor atau dinding dapur. Anda bisa mengusapkan spons dengan gerakan memutar hingga noda bekas minyak hilang.

    Cuci dengan sabun pencuci piring

    Setelah noda minyak hilang atau bersih, anda bisa mencuci kompor atau dinding dapur anda. Caranya yaitu, ambil lap lalu masukan ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan cairan pencuci piring. Usapkan lap basah tersebut pada kompor dan dinding dapur.

    Keringkan

    Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan, anda bisa langsung mengeringkannya. Caranya yaitu, ambil lap kering, lalu usapkan pada kompor atau dinding dapur anda hingga benar-benar kering

    Selain cara di atas, ada alternatif lain yang bisa anda lakukan, yaitu dengan memanfaatkan minyak tanah seperti berikut.

    Minyak tanah

    Cara memanfaatkan minyak tanah untuk membersihkan minyak pada kompor dan dinding dapur lebih mudah. Siapkan lap dan minyak tanah secukupnya saja. Lalu masukan lap ke dalam wadah berisi minyak tanah. Lalu gosokan lap tersebut pada permukaan kompor dan dinding dapur yang berminyak, dinding dapur yang dimaksud yaitu dinding yang terbuat dari keramik. Lap semua noda minyak tersebut sampai hilang. Untuk menghilangkan bau minyak tanah yang menempel, anda bisa menglapnya kembali dengan lap yang sudah diberi cairan pencuci piring atau pengharum lainnya.

    Cukup mudah dan sederhana bukan? Saat ini anda tidak harus mengeluh lagi karena ada cara cerdas yang bisa dilakukan untuk membersihkan noda minyak yang membandel.

    Itulah cara membersihkan noda minyak pada kompor dan dinding dapur. Selamat mencoba.

    Share tips ini kepada teman anda, dan berikan juga komentar anda pada kolom di bawah.

    Loading...