Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Parutan dari Sisa Bahan Makanan atau Rempah

Indonesia kaya akan kuliner khasnya, yang mana seperti kita ketahui sendiri kuliner atau masakan khas Indonesia memiliki cita rasa yang begitu khas dan lezat serta kaya akan bumbu di dalamnya, terutama bumbu rempah-rempahnya. Banyak sekali makanan asli Indonesia yang memanfaatkan rempah rempah sebagai bumbu utamanya. Beberapa bumbu rempah yang biasanya digunakan yaitu lengkuas, jahe dan kelapa. Agar mendapatkan cita rasa yang semakin istimewa, bumbu-bumbu tersebut biasanya  dihaluskan dengan menggunakan parutan.

Parutan itu sendiri merupakan alat tradisional yang dimanfaatkan untuk menghaluskan bumbu maupun bahan makanan tertentu, seperti keju, kentang dan lain sebagainya. Nah, setelah kita selesai memarut bumbu atau bahan makanan tersebut, biasanya tertinggal sisa-sisa yang menempel pada parutan. Sisa makanan atau bumbu tersebut cukup sulit untuk dihilangkan, bahkan ketika membersihkan parutan kita harus hati-hati agar tangan tidak terluka.

Agar tidak melukai tangan ketika membersihkan parutan, sebenarnya ada cara mudah dan efektif yang bisa dilakukan. Cara tersebut dilakukan dengan memanfaatkan bahan bahan tertentu. Nah, berikut ini kami sajikan cara membersihkan parutan dari sisa bahan makanan atau rempah.

TIPS MEMBERSIHKAN PARUTAN

Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Parutan dari Sisa Bahan Makanan atau Rempah

Gunakan Sikat Gigi

Membersihkan parutan memang gampang-gampang susah, jika kita tidak berhati-hati ketika membersihkannya maka tangan kita akan terluka. Nah,cara mudah membersihkan parutan dari sisa bumbu rempah atau bahan makanan tertentu yaitu dengan memanfaatkan sikat gigi. Sikat parutan yang masih menyisakan bahan makanan atau rempah yang sudah anda parut. Agar lebih mudah ketika membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi, maka anda harus merendam parutan tersebut selama kurang lebih 5 menit dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, anda bisa langsung menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi.

Keringkan dan Masukan ke Dalam Oven

Selain membersihkan dengan menggunakan sikat gigi, anda juga bisa membersihkannya dengan cara mengeringkan di ruangan terbuka. Setelah sisa rempah dan makanan kering, anda bisa langsung memasukannya ke dalam oven dengan suhu 70 derajat. Panaskan parutan di dalam oven selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah, anda bisa langsung mengusap parutan dengan menggunakan lap bersih. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air seperti biasa.

Gunakan Kentang Mentah

Kentang mentah diyakini mampu membersihkan parutan dari noda bekas makanan atau rempah. Cara membersihkan parutan dengan menggunakan kentang mentah ini cukup mudah, anda hanya harus memarut kentang mentah tersebut. Kentang mentah akan membuat noda terangkat dari parutan. Selanjutnya, cuci parutan tersebut dengan menggunakan air mengalir.

Nasi Kering

Nasi kering juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan parutan dari sisa bumbu rempah atau makanan lainnya. Setelah anda menggunakan parutan untuk menghaluskan bahan makanan tertentu atau rempah, janganlah langsung mencuci parutan tersebut. Sebelum anda mencuci parutan tersebut, parutkan terlebih dahulu nasi yang sudah dalam keadaan kering sampai halus atau seperti pasir. Parutkan nasi kering tersebut dengan merata pada parutan. Jika sudah, anda bisa langsung mencuci parutan tersebut. Ketika mencucinya anda bisa memanfaatkan sikat atau sabut kelapa dengan menggunakan sabun.

Demikian beberapa cara mudah dan efektif membersihkan parutan dari sisa makanan atau bumbu rempah. Mudah dan bermanfaat bukan? Selamat mencoba.

Bagikan atau share tips ini kepada teman atau orang terdekat anda. Berikan juga komentar anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Loading...