Cara Hilangkan atau Bersihkan Duri Ikan Bandeng dengan Mudah dan Cepat

Salah satu ikan yang digemari banyak orang yaitu ikan bandeng.

Selain memiliki kandungan yang bergizi, ikan bandeng juga memiliki rasa yang enak, gurih dan lembut. Ikan bandeng bisa diolah menjadi berbagai macam olahan masakan yang lezat. Namun, dibalik kelezatannya tersebut ada kekesalan yang tersembunyi ketika menyantapnya karena banyak duri yang menempel pada dagingnya. Bahkan apabila duri tertelan akan menimbulkan sakit di area tenggorokan.

Agar terhindar dari duri ikan bandeng dan bisa menikmati dagingnya tanpa harus kerepotan, biasanya banyak orang membeli ikan bandeng yang sudah dipresto. Lantas bagaimana jika pada saat itu anda dihadapkan dengan ikan bandeng segar?

Untuk itu, anda harus tahu seperti apa cara membersihkan duri ikan bandeng dengan cepat dan mudah. Membersihkan duri ikan bandeng bisa dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama yaitu mencegah agar duri tersebut tidak menyebar, sedangkan cara yang kedua yaitu membersihkan durinya secara tuntas namun dengan cara ini daging ikan bandeng akan hancur. Anda bisa memilih kedua cara tersebut sesuai dengan yang anda inginkan. Untuk lebih jelasnya anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

CARA BERSIHKAN DURI IKAN BANDENG

Cara Agar Duri Ikan Bandeng Tidak Menyebar

Ketika diolah duri ikan bandeng biasanya menyebar dengan bagian daging lainnya sehingga akan sulit ketika memakannya. Supaya duri pada ikan menyatu di bagian tengahnya serta tidak menyebar ke seluruh bagian dagingnya, anda bisa melakukan langkah seperti berikut:

Pertama, pegang bandeng dengan menggunakan kedua tangan. Lalu gerakan tangan anda dengan arah berlawanan seperti halnya ketika anda memeras baju sampai terdengar bunyi. Anda bisa melakukannya cukup sekali saja, karena cara ini tidak akan membuat duri menempel pada bagian dagingnya. Cara ini bisa anda lakukan apabila anda ingin mengolah bandeng dengan bentuk utuh.

Cara Membersihkan Duri Bandeng

Cara ini akan membuat bandeng benar-benar terbebas dari duri, sehingga dengan begitu bisa dinikmati oleh siapa saja. Namun, berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini tidak akan membuat bandeng utuh seperti semula.

1. Membersihkan sisiknya

Sebelum mengolahnya, anda bisa membersihkan sisik ikan bandeng terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan sisiknya yang tebal dengan menggunakan pisau dari bagian ekor.

2. Sayat punggung bandeng

Apabila anda ingin menghilangkan duri bandeng ketika masih dalam keadaan mentah, maka anda bisa menyayat ikan bandeng tersebut pada bagian punggungnya. Berawal dari ekor sampai ke kepala mengikuti arah duri itu. Jangan terlalu dalam menyayatnya agar duri yang ada di dalam tidak ikut terpotong.

3. Sayat ekornya

Setelah punggung yang anda sayat, anda bisa langsung menyayat bagian ekornya. Pada bagian ekor duri biasanya akan terkumpul lebih banyak, untuk itu anda bisa menyayatnya lebih dalam dibandingkan ketika menyayat bagian punggungnya. Sayat ekornya mengikuti arah duri.

4. Cabut duri dari tengah

Pegang bagian ekor dan kepala ikan bandeng. Lalu tarik bagian ekor dan duri sambil bagian kepala ditekuk. Sehingga dengan begitu duri akan menjadi lebih mudah dicabut.

5. Bersihkan duri halus dengan pinset

Setelah duri bagian tengah hilang, anda bisa membersihkan duri-duri halus yang masih tertinggal pada daging. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan pinset.

Itulah cara membersihkan duri pada ikan bandeng. Semoga bermanfaat.

Share tips ini kepada teman anda, berikan juga komentar anda pada kolom di bawah.

Loading...