Cara Efektif Bersihkan Kulkas dari Bau yang Tidak Sedap

    Kulkas menjadi tempat menyimpan makanan yang sangat diandalkan dalam rumah tangga. Selain menjadikan makanan atau bahan makanan lebih segar, juga akan membuatnya lebih awet atau tidak mudah basi. Karena kulkas berhubungan dengan  makanan, maka dari itu kebersihannya harus benar-benar diperhatikan.

    Tidak jarang kulkas mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Jika tidak segera dibersihkan bisa saja aroma yang tidak sedap tersebut mempengaruhi makanan atau bahan makanan lainnya yang disimpan di dalam kulkas.

    Cara membersihkan kulkas itu sendiri pada dasarnya mudah dan sederhana. Hanya saja, tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara membersihkan kulkas dengan baik dan benar. Sehingga meskipun sudah dibersihkan tak jarang kulkas tetap kotor dan masih mengeluarkan aroma yang tidak enak.

    Nah karena seperti itu, penting mengetahui cara baik dan benar membersihkan kulkas supaya anda bisa membersihkannya dengan tuntas sehingga akhirnya kulkas anda benar-benar bersih. Kali ini kami hadirkan cara efektif membersihkan kulkas dari bau yang tidak sedap.  Untuk mengetahuinya silahkan simak pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Tips Memasak Nasi Agar Tidak Mudah Basi dan Tahan Lama )

    Cara-membersihkan-kulkas.jpg

    Cara Efektif Bersihkan Kulkas dari Bau yang Tidak Sedap

    Tidak bisa dipungkiri, kulkas memang selalu mengeluarkan aroma yang tidak sedap setelah lama tidak dibersihkan. Namun, yang menjadi masalahnya meskipun sudah dibersihkan bau tetap tidak mau hilang. Hal itu mungkin disebabkan karena cara membersihkan yang tidak benar. Untuk itu, agar anda bisa membersihkan kulkas dengan tuntas, simak cara bersihkan kulkas di bawah ini.

    1. Terkadang anda bingung kapan harus membersihkan kulkas, karena anda merasa tidak lama anda baru saja membersihkan kulkas. Untuk menentukan kapan waktu yang tepat membersihkan kulkas yaitu dengan melihat ketebalan bekuan es dari dalam freezer. Jika bekuan es sudah menumpuk atau bahkan lebih dari 1 cm, maka kulkas harus sudah kembali dibersihkan.
    2. Silahkan matikan freezer, kemudian keluarkan semua makanan yang ada di dalamnya. Area yang harus anda bersihkan yaitu nampan dan rak. Cuci satu persatu bagian sampai bersih dengan menggunakan larutan sabun yang ringan. Setelah selesai dicuci, anda bisa mengeringkannya. Pastikan semuanya benar-benar kering. Anda bisa menjemurnya sebentar.
    3. Sebelum anda membersihkan semua bekuan es yang terdapat dalam freezer, sebaiknya hindari menyimpan makanan di dalam freezer tersebut. Freezer tidak bisa ditempati oleh makanan setelah sekitar 30 menit didiamkan terlebih dahulu. Lap semua bagian yang terdapat dalam kulkas. Anda harus memastikan tidak ada genangan air dalam setiap bagian kulkas. Jika masih ada, anda bisa menglapnya kembali sampai benar-benar kering.
    4. Bersihkan debu yang terdapat pada grill bagian bawah kulkas sekitar 6 bulan sekali.
    5. Anda bisa mengontrol aroma kulkas dengan cara menaruh kotak baking soda di rak bagian belakang. Sebaiknya ganti kotak baking soda tersebut setiap 1 bulan sekali. Jika area freezer selalu mengeluarkan  aroma yang tidak sedap, anda bisa menyimpan kotak baking soda dalam freezer.
    6. Agar kulkas anda aromanya segar, anda bisa membersihkan area dalam kulkas dengan menggunakan spons yang sudah direndam dalam ekstrak vanili. ( Artikel lainnya : Tips Memasak Kangkung Agar Tidak Hitam, Tetap Hijau dan Segar )

    Itulah cara  efektif membersihkan kulkas dari bau yang tidak sedap. Kini anda jangan lagi khawatir mengenai permasalahan bau yang ditimbulkan dari kulkas, karena anda bisa membasmi bau tersebut dengan cara-cara di atas.

    Yuk berbagi tips ini bersama teman atau sahabat anda dengan klik ‘share’ yang sudah kami sediakan. Terimakasih.