Cara Efektif Bersihkan Galon Air Agar Terbebas dari Bakteri

Saat ini hampir setiap rumah memiliki dispenser, karena diakui kehadiran dispenser memberikan banyak manfaat untuk keluarga di rumah.

Dispenser terbukti dapat memenuhi kebutuhan air dengan mudah dan praktis, baik air dingin maupun air panas. Sehingga ketika kita membutuhkan air panas kita tidak harus memasaknya terlebih dahulu.

Dispenser tentunya akan satu paket dengan galon. Yang mana galon tersebut memiliki fungsi untuk menampung air. Nah, untuk menjaga kebersihan air yang kita minum, tentunya kita harus menjaga kebersihan dispenser itu sendiri dengan rutin. Namun, seringkali kita lebih fokus untuk membersihkan dispensernya saja, sedangkan galonnya diabaikan. Padahal keduanya harus benar-benar diperhatikan guna mencegah adanya kotoran yang nantinya akan tercampur dengan air yang kita minum.

CARA BERSIHKAN GALON

Galon air bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri atau kuman tertentu, yang mana kebersihannya biasanya sering diabaikan.

Salah satu penyebab mengapa kebersihan galon air sering diabaikan yaitu karena sulitnya ketika dibersihkan, terlebih lagi ketika membersihkan bagian dalamnya. Perlu cara khusus yang harus dilakukan dalam membersihkan galon air.

Namun, cara membersihkan galon untuk mencegah bersarangnya bakteri  nyatanya tidak diketahui oleh banyak orang. Sehingga ketika membersihkannya pun mereka hanya asal-asalan saja yang terpenting terlihat bersih. Tahukah anda, galon yang terlihat bersih belum tentu bebas dari bakteri. Untuk itulah, anda harus tahu seperti apa cara efektif membersihkan galon agar benar-benar terbebas dari bakteri.

Cara membersihkan galon ternyata cukup mudah dan sederhana, dengan memanfaatkan bahan-bahan tertentu anda sudah bisa menjaga kebersihan dan keawetan galon. Di bawah ini cara membersihkan galon agar terbebas dari bakteri beserta dengan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat-Alat yang Dibutuhkan

  • Cairan pencuci piring secukupnya
  • Sarung tangan karet
  • Cairan bleaching
  • Sikat khusus untuk membersihkan botol, akan lebih baik jika anda memilih sikat dengan tangkai yang panjang

Cara Membersihkan Galon

  1. Jika bahan-bahan seperti di atas sudah anda siapkan, maka anda bisa langsung mencoba membersihkannya. Dimana langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu, isi galon yang akan anda bersihkan dengan air hangat sampai 1/4 bagian. Jika sudah, anda bisa langsung menuangkan sabun cuci piring yang sudah anda siapkan tadi.
  2. Tutup galon air dengan penutupnya. Lalu kocok-kocok dengan sekuat tenaga.
  3. Setelah itu, buka tutup galon. Kemudian, ambil sikat khusus botol lalu gosok-gosok bagian dalamnya dengan menggunakan sikat tersebut. Pastikan anda menggosoknya sampai ke bagian sisi-sisi yang tersembunyi.
  4. Selanjutnya, buang air sabun yang ada di dalam galon tadi. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai tidak ada lagi sisa sabun di dalamnya.
  5. Kemudian, isi galon dengan menggunakan air dingin sampai penuh. Lalu tuangkan sekitar setengah cangkir cairan bleaching. Tutup kembali galon dengan tutupnya, lalu kocok sampai merata.
  6. Diamkan selama kurang lebih 1 menit. Lalu buang air yang bercampur dengan cairan bleaching di dalam.
  7. Selanjutnya, bilas dengan menggunakan air sampai benar-benar bersih. Baru setalah itu, anda bisa langsung mengeringkannya terlebih dahulu sebelum kembali digunakan.

Dengan cara yang kami sajikan ini, galon anda akan lebih bersih dan terbebas dari kuman yang bersarang. Selain itu, galon pun akan menjadi lebih awet.

Itulah tips membersihkan galon agar terbebas dari bakteri atau kuman. Selamat mencoba.

Share atau bagikan tips bermanfaat ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar anda pada kolom yang kami sediakan di bawah ini.

loading...