Tips dan Trik Memasak

Tips memasak

Berbagai tips memasak dalam kategori ini bisa anda terapkan di rumah yang senantiasa mempermudah anda ketika berada di dapur. Di sini anda bisa menemukan solusi dari kesulitan atau masalah-masalah yang kerap kali menimpa ketika memasak.

Tips Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin

TIPS-MEMBEDAKAN-AYAM-SEHAT-DAN-TIDAK-SEHAT.jpg

Makanan yang enak dan sehat merupakan makanan yang unggul dalam cita rasanya, serta kandungan dari bahan makanan yang digunakan tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, makanan yang enak dan sehat tidak selamanya harus memperhatikan dalam hal cita rasa atau kandungan dari bahan makanan itu sendiri, karena bisa saja bahan makanan yang digunakan untuk memasak yang kita anggap sehat dari segi kandungannya ternyata sudah tidak sehat karena dimanipulasi oleh pedagang atau lain sebagainya. Hal ini biasanya dilakukan oleh para pedagang curang untuk mengambil keuntungan yang lebih besar. Nah, salah satu bahan makanan yang sering dimanipulasi atau diakali yaitu ayam. Ayam diakali dengan berbagai cara agar terlihat tetap segar, namun faktanya ayam tersebut sudah lama atau busuk.

Seperti yang kita ketahui, menjelang hari raya atau lebaran permintaan bahan makanan seperti daging ayam memang sangat meningkat di pasaran. Ketika anda membeli ayam, anda harus lebih selektif dan berhati hati dalam memilih dan

Continue Reading

Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

10.TIPS-MENYIMPAN-SANTAN.jpg

Santan merupakan cairan putih yang berasal dari kelapa. Santan biasanya digunakan untuk memasak sayur atau hidangan tertentu. Dengan tambahan santan, hidangan yang dibuat akan terasa lebih enak dan gurih. Santan itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni santan kental, santan cair, santan instan dan lain sebagainya.

Nah, karena begitu pentingnya santan untuk masakan, maka tidak jarang ibu ibu membeli atau membuatnya dalam jumlah yang banyak sebagai stock. Namun,  santan yang disimpan  biasanya cepat basi dan tidak tahan lama meskipun baru disimpan beberapa hari saja.

Tips menyimpan santan yang baik dan benar harus anda ketahui agar santan tetap tahan lama, baik itu santan segar atau santan dalam kemasan. Jika santan tahan lama, anda bisa memakainya kembali dan tidak usah repot-repot untuk membelinya lagi, sehingga anda pun akan lebih hemat. Lantas apa saja tips menyimpan santan kelapa agar awet dan tidak mudah basi? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

Continue Reading

Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Sehat, Bergizi dan Tidak Menjadi Racun

9.TIPS-MENYIMPAN-MAKANAN-AGAR-TETAP-SEHAT.jpg

Untuk memudahkan pekerjaan biasanya banyak ibu rumah tangga memasak makanan dalam jumlah yang banyak sebagai persediaan atau stock.

Namun, faktanya menyimpan makanan terlalu lama akan membuat makanan mudah basi dan kandungannya hilang. Jikapun ingin seperti itu, ketika menyimpannya anda harus mengetahui terlebih dahulu tips menyimpan makanan yang baik dan  benar agar makanan tersebut tidak berubah menjadi racun.

Lantas apa saja tips menyimpan makanan agar tetap sehat dan tidak berubah menjadi racun? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasannya di bawah ini.

Jangan simpan makanan terlalu lama di meja makan

Setelah memasak atau setelah makan biasanya banyak ibu lupa tidak menyimpan makanannya dengan baik. Yang mana makanan tersebut dibiarkan berada di meja makan dalam waktu yang cukup lama. Keadaan seperti ini tentunya akan membuat bakteri mudah berkembang biak pada makanan, sehingga makanan akan mejadi rusak dan bahaya apabila dikonsumsi. Keadaan akan bertambah parah apabila makanan yang tidak disimpan dengan baik dan

Continue Reading

Tips Memilih Telur Asin Segar dan Berkualitas

7.TIPS-MEMILIH-TELLUR-ASIN.jpg

Apakah anda salah satu pecinta telur asin? Telur asin merupakan olahan yang terbuat dari telur bebek. Olahan ini memang cocok dijadikan sebagai pendamping menu di meja makan.

Telur asin begitu nikmat ketika disantap dalam keadaan utuh. Namun, selain itu telur asin juga bisa dijadikan sebagai bahan dalam hidangan tertentu. Banyak hidangan sedap diberi bahan pelengkap telur asin. Yang mana kehadiran telur asin ini akan membuatnya lebih spesial dan istimewa.

Tidak selamanya telur asin yang dijual di pasaran merupakan telur segar dan berkualitas. Oleh karena itu, pada saat anda membelinya di pasar anda harus hati-hati karena banyak telur asin yang sudah  lama dan basi. Jika anda salah pilih, maka selain akan mempengaruhi hidangan yang akan anda buat juga akan mempengaruhi kesehatan anda dan keluarga.

Ketika memilih telur asin yang segar dan berkualitas anda harus tahu terlebih dahulu seperti apa tipsnya. Tips memilih telur asin ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Nah, bagi

Continue Reading

Tips Memilih Daging Cincang yang Sehat dan Segar

6.TIPS-MEMILIH-DAGING-CINCANG.jpg

Seperti yang kita ketahui, saat ini harga daging semakin meningkat dan melambung tinggi.

Oleh karena itu, hidangan yang terbuat dari bahan dasar daging biasanya dianggap sebagai menu istimew, bahkan hanya ada pada acara-acara tertentu saja. Nah, daging biasanya diolah dengan cara tersendiri sebelum akhirnya dimasak, baik itu digiling, dicincang atau hanya dipotong-potong saja. Mengolah daging dengan cara dicincang merupakan cara hemat. Daging cincang bisa diolah menjadi berbagai hidangan atau menu tertentu, anda bisa memasaknya sesuai dengan selera anda untuk dihidangkan di tengah keluarga tercinta di rumah.

Dibandingkan dengan daging yang sudah dipotong, daging cincang terpapar oleh oksigen lebih banyak dan besar. Oleh karena itu, daging cincang biasanya akan lebih mudah mengalami perubahan warna. Selain itu, daging ini juga mudah basi.

Memilih daging cincang yang baik dan benar harus dilakukan demi mengdapatkan hidangan yang sehat dan bergizi. Ketika membelinya, anda harus bisa membedakan mana daging yang masih dalam keadaan segar atau

Continue Reading

Tips Memilih dan Menyimpan Wortel Agar Tetap Segar dan Sehat

11.TIPS-MENYIMPAN-DAN-MEMILI-WORTEL.jpg

Tidak bisa dipungkiri lagi, wortel merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sayur berwarna orange ini bisa kita olah menjadi menu yang enak dan lezat. Wortel biasanya identik dengan sop. Namun, wortel juga bisa diolah dengan cara ditumis maupun menjadi bahan tambahan hidangan lainnya.

Sebagai persediaan, biasanya banyak ibu rumah tangga membeli wortel dalam jumlah yang banyak. Namun, kebanyakan juga dari mereka mengeluh karena wortel yang dibelinya tersebut cepat busuk dan tidak segar lagi. Hal itu biasanya disebabkan karena cara penyimpanan yang tidak tepat. Untuk itulah, agar wortel yang anda beli tetap segar anda harus memilih dan menyimpan wortel dengan tips tips di bawah ini.

Tips Memilih dan Menyimpan Wortel Agar Tetap Segar dan Sehat

  1. Ketika anda memilih atau membeli wortel, maka anda harus memilih wortel dengan tekstur kulit yang halus serta warnanya terang. Pastikan tekstur kulit dan warna wortel tersebut merata. Jangan membeli wortel yang

Continue Reading

Tips Menggunakan Panci Presto yang Baik dan Benar

10.TIPS-MENGGUNAKAN-PANCI-PRESTO.JPG

Panci presto merupakan salah satu alat memasak yang sudah tidak asing lagi untuk kita semua.

Memasak dengan menggunakan panci presto akan menghasilkan makanan yang sehat. Pasalnya, kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan akan tetap terjaga sehingga makanan akan lebih sehat ketika dikonsumsi. Memasak dengan menggunakan panci presto nyatanya lebih mudah dan praktis, sehingga pekerjaan anda pun akan menjadi lebih mudah. Memasak dengan menggunakan panci presto akan lebih cepat matang dan makanan akan menjadi lebih empuk. Memasak dengan menggunakan panci presto akan lebih hemat dalam bahan bakar gas.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara menggunakan panci presto dengan baik dan benar sehingga mereka tidak bisa memanfaatkan kelebihan dan keunggulannya. Menggunakan panci presto dengan baik dan benar akan memaksimalkan kinerjanya, selain itu anda juga akan terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Menggunakan panci presto harus lebih hati-hati, karena panci presto berbeda dengan panci biasa. Lantas seperti apa tips menggunakan panci presto

Continue Reading

Tips Membersihkan dan Memasak Udang Agar Tidak Bau Amis

9.TIPS-MEMBERSIHKAN-UDANG.jpg

Udang merupakan bahan makanan yang disukai banyak orang, karena selain bergizi ketika diolah udang akan menghasilkan hidangan yang begitu lezat dan nikmat.

Udang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan sesuai dengan yang kita inginkan. Karena hidangan berbahan dasar udang termasuk ke dalam hidangan yang spesial, oleh karena itu harga udang cukup mahal dibandingkan dengan seafood lainnya.

Nah, ketika mengolah udang kita perlu memperhatikan tips-tips tertentu agar olahan yang dihasilkan pun sempurna. Sebelum dimasak atau diolah, tentunya udang harus dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu. Namun, kebanyakan orang merasa kesulitan ketika membersihkannya karena bau amis yang menempel pada udang sulit hilang. Membersihkan udang memang gampang-gampang susah. Namun, setelah anda mengetahui tips dan triknya, maka membersihkan udang menjadi kegiatan yang mudah dilakukan. Penasaran seperti apa tips membersihkan udang? Untuk mengetahuinya simak langsung pembahasan di bawah ini.

Tips Membersihkan Udang Agar Tidak Bau Amis

  1. Langkah pertama  kali yang harus anda lakukan yaitu, menyiapkan udang

Continue Reading

Tips Penting Ketika Membeli dan Memilih Cumi Segar

7.TIPS MEMILIH CUMI

Seafood merupakan makanan yang digemari banyak orang dan terbilang istimewa karena semua jenis bahan makanan yang berasal dari laut dkenal memiliki rasa yang spesial.

Nah, ketika memasak seafood anda jangan hanya fokus pada masakan yang akan dihasilkan. Anda juga harus memperhatikan ketika memilih atau membeli seafod di pasar, karena saat ini banyak sekali bahan makanan dari laut tidak dalam keadaan segar, salah satunya yaitu cumi.

Cumi merupakan salah satu seafood yang bisa diolah dan menghasilkan menu makanan yang lezat dan spesial. Cumi bisa diolah menjadi menu apapun dengan bumbu yang beragam. Namun, di sisi lain memilih cumi tidaklah mudah. Karena membedakan cumi yang masih segar dan sudah lama membutuhkan ketelatenan.

Ketika memilih cumi ada hal yang harus benar-benar diperhatikan agar tidak salah pilih ketika membelinya. Anda harus mengetahui tips memilih cumi yang segar agar menghasilkan makanan yang sehat dan bergizi. Di bawah ini tips penting membeli atau memilih cumi segar.

Continue Reading

Tips Merebus dan Mengupas Telur Puyuh yang Baik dan Benar

6.TELUR PUYUH

Telur merupakan bahan makanan yang biasanya diolah untuk dijadikan lauk pauk atau teman nasi.

Telur mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Telur itu sendiri memiliki beragam jenisnya tergantung hewan apa yang menghasilkan telur tersebut. Telur-telur yang sering kita temui yaitu telur bebek, telur ayam dan telur puyuh.

Telur puyuh merupakan telur yang dihasilkan oleh burung puyuh. Telur puyuh memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan telur yang lainnya. Selain itu, telur puyuh juga terbilang cukup unik karena cangkangnya bercorak.

Telur puyuh bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan tertentu. Selain diebus, telur puyuh bisa diolah menjadi semur atau dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam masakan tertentu, seperti sop atau sayur lodeh.

Nah, pada saat anda menyajikan menu makanan untuk keluarga tentunya selain menyajikan menu yang enak anda juga ingin menyajikan menu dengan tampilan yang menarik bukan? Untuk mendapatkan tampilan yang menarik anda harus merebus telur puyuh dengan baik dan

Continue Reading

Tips Memilih dan Menyimpan Kembang Kol Agar Tidak Mudah Busuk

5.KEMBANG KOL

Kembang kol merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin, yang mana kandungannya tersebut bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, kembang kol juga mudah diolah dan mudah didapat. Yang mana sayur ini bisa dijadikan menu untuk makan siang atau makan malam bersama keluarga di rumah. Kembang kol biasanya dijadikan bahan tambahan dalam hidangan capcay atau dalam beragam jenis sup.

Agar kembang kol tetap segar dan kualitasnya tetap terjaga, anda harus bisa membedakan mana kembang kol yang berkualitas dan tidak. Selain itu, anda juga harus tahu cara menyimpan kembang kol dengan baik dan benar agar tidak mudah busuk. Cara mengolahnya pun harus anda perhatikan agar mendapatkan nutrisi kembang kol dengan sempurna.

Nah, berikut ini kami berikan tips memilih dan menyimpan kembang kol agar tidak mudah busuk.

Tips Memilih Kembang Kol

Ketika memilih kembang kol, maka anda harus memilih kembang kol yang masih dalam keadaan segar agar tidak mudah busuk. Anda harus memilih kembang

Continue Reading

Tips Membersihkan Kerang yang Baik dan Benar

4.TIPS BERSIHKAN KERANG

Tidak bisa dipungkiri lagi, seafoood merupakan makanan yang disukai banyak orang.

Selain memiliki rasa yang enak dan lezat, seafood juga terkenal bergizi dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Banyak jenis seafood yang bisa kita jadikan aneka hidangan tertentu, salah satunya yaitu kerang. Kerang merupakan salah satu jenis seafood yang kaya akan protein hewani.

Kerang bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan nikmat. Hanya diolah dengan cara direbus saja pun kerang begitu nikmat. Agar anda mendapatkan nutrisi yang ada di dalam kerang, maka anda harus memilih kerang yang berkualitas. Selain memilihnya, anda juga harus memperhatikan bagaimana cara membersihkannya. Karena membersihkan kerang dengan baik dan benar akan menghilangkan semua kotoran dan melepaskan racun yang ada di dalamnya.

Tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara membersihkan kerang dengan baik dan benar. Sehingga kebanyakan orang membersihkannya dengan asal-asalan sehingga hidangan yang didapatkan pun tidak sehat dan berkualitas.  Lantas seperti apa cara

Continue Reading

Tips Membersihkan dan Memilih Kol Segar dan Berkualitas

3.KOL SEGAR

Kol atau kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang sehat dan bisa diolah menjadi hidangan tertentu, baik itu sayur atau dijadikan sebagai pelengkap menu lainnya seperti bakwan.

Kol mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat sayur kol yaitu, mampu mencegah kanker, membantu pembentukan sel darah merah, mengontrol tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Hidangan berbahan dasar kol bisa anda sajikan di tengah-tengah keluarga tercinta untuk menemani makan siang atau makan malam. Selain diolah menjadi sayur atau hidangan lainnya, kol juga biasanya sering dijadikan lalapan. Kol bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau pun direbus terlebih dahulu dengan ditemani sambal terasi. Kenikmatan akan anda rasakan ketika makan dengan ditemani kol dan sambal.

Untuk mendapatkan hidangan yang sehat, maka anda harus memilih kol yang segar dan berkualitas. Anda bisa membeli kol baik di pasar maupun di supemarket. Jangan sampai anda asal-asalan ketika memilih kol. Anda haus memilih dan membelinya dengan

Continue Reading

Tips dan Trik Jitu Memilih Ikan Asin yang Bebas Dari Formalin

2.TIPS MEMILIH IKAN ASIN

Ikan asin merupakan bahan makanan yang memang sudah tidak asing lagi untuk orang Indonesia.

Ikan asin bisa kita olah menjadi berbagai macm hidangan makanan untuk disajikan sebagai menu sehari-hari. Banyak hidangan ikan asin yang digemari, selain hanya digoreng saja, ikan asin juga bisa diolah menjadi sambal ikan asin atau dijadikan sebagai bahan pelengkap menu lainnya.

Ikan asin bisa dengan mudah kita temukan, baik itu di supermarket atau di pasar. Jenis ikan asin pun sangat bervariasi, anda bisa memilihnya sesuai dengan selera dan keinginan.

Namun, saat ini banyak sekali pedagang ikan asin yang berbuat curang. Yang mana saat ini banyak ditemukan ikan yang diberi bahan pengawet atau formalin. Hal ini dilakukan oleh para pedagang agar dagangannya tersebut tahan lama dan tidak mudah busuk. Namun, hal itu justru sangat membahayakan terutama untuk kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Meskipun saat ini banyak ikan asin berformalin, tetapi bukan berarti anda harus berhenti membuat menu dari

Continue Reading

Tips Memasak Jengkol Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

TIPS MEMASAK JENGKOL AGAR CEPAT EMPUK

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang karena terkenal kelezatannya.

Namun, dibalik kelezatannya tersebut jengkol memiliki bau yang sangat menyengat. Ketika mengkonsumsinya, mulut pun akan menjadi bau. Bahkan banyak orang yang merasa tidak percaya diri berbicara dengan orang lain setelah mengkonsumsi jengkol.

Jengkol nyatanya bisa diolah dengan teknik tertentu agar baunya berkurang atau hilang, sehingga dengan begitu rasanya akan menjadi lebih enak dan nikmat tanpa meninggalkan bau apapun. Tips memasak jengkol ini bisa anda terapkan di rumah dengan mudah. Lantas seperti apa tips memasak jengkol agar cepat empuk dan tidak bau? Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui tipsnya. 

Tips Memasak Jengkol Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

Pilih Jengkol yang Tepat

Agar mendapatkan hidangan jengkol yang enak dan lezat, maka disarankan untuk memilih jengkol yang berkualitas dan sudah tua. Karena jengkol yang masih muda akan menghasilkan hidangan yang kurang nikmat.

Rendam Jengkol

Agar jengkol tidak bau,

Continue Reading

Tips Cerdas Memasak Daun Singkong Agar Tidak Pahit, Cepat Empuk dan Tidak Hitam

TIPS MEMASAK DAUN SINGKONG

Daun singkong termasuk sayuran yang sering diabaikan karena memiliki rasa yang pahit dan keras ketika diolah.

Namun, dibalik itu semua daun singkong merupakan sayuran yang kaya akan gizi. Sayur ini akan begitu nikmat jika kita benar ketika mengolahnya. Tapi, tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara mengolah daun singkong yang baik dan benar, sehingga banyak orang yang mengabaikan sayur yang satu ini dan memilih mengolah sayur yang lainnya.

Sebenarnya ada teknik tertentu ketika mengolah daun singkong agar daun singkong tidak pahit dan cepat empuk sehingga akan lebih nikmat ketika diolah. Tips ini sebenarnya tips lama yang biasa digunakan oleh orangtua jaman dulu, namun efektif dan ampuh. Nah, bagi anda yang tidak menyukai olahan daun singkong, setelah menerapkan cara ini ketika mengolahnya dijamin anda akan merasa ketagihan. Berikut ini tips cerdas memasak daun singkong.

Tips Cerdas  Memasak Daun Singkong Agar Tidak Pahit, Cepat Empuk dan Tidak Hitam

Pilih daun singkong

Continue Reading

Tips Hilangkan Rasa Pahit Sayur Pare Agar Lebih Enak dan Nikmat

CARA ATASI PAHIT PADA PARE

Pare merupakan sayuran yang terkenal karena rasa pahitnya, bahkan hanya mendengar namanya saja rasa pahit tersebut seakan-akan menjalar dari mulut ke tenggorokan.

Letak kenikmatan sayur pare sebenarnya berada pada rasa pahitnya ini.  Namun, faktanya banyak orang yang tidak menyukai pare karena rasanya tersebut. Sayur pare bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang begitu lezat dengan rasa pahit yang dimilikinya. Namun, bagi anda yang ingin merasakan kenikmatan sayur pare namun tidak suka dengan rasa pahitnya jangan merasa khawatir, karena rasa pahit pada pare tersebut bisa di atasi atau di hilangkan dengan menggunakan cara tradisional. Cara menghilangkan rasa pahit pada sayur pare ini dipercaya efektif, bahkan cara ini sudah digunakan sejak jaman dulu. Nah, berikut ini tips menghilangkan rasa pahit pada pare yang bisa anda simak.

Tips Hilangkan Rasa Pahit Sayur Pare Agar Lebih Enak dan Nikmat

1. Garam

Garam dikenal ampuh untuk mengatasi rasa pahit pada sayuran termasuk pare. Cara menghilangkan

Continue Reading

Tips Menyimpan Madu Asli Agar Tahan Lama dan Kualitasnya Terjaga

TIPS MENYIMPAN MADU ASLI

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan dari lebah.

Seperti yang kita ketahui, cairan berwarna kuning kecoklatan ini memiliki manfaat dan khasiat yang banyak baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Bahkan, madu dipercaya sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena begitu banyak manfaat dan khasiat dari madu, maka banyak sekali orang yang menyukainya. Bahkan beberapa orang biasa membelinya dalam jumlah yang banyak meskipun harga madu asli relatif mahal.

Di pasaran saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan madu. Namun, karena banyak madu tidak murni atau tidak asli maka rasanya sangat sulit bagi kita untuk membedakannya. Madu asli itu sendiri bisa bertahan sampai bertahun-tahun dan nutrisinya tidak akan hilang. Terlebih lagi jika kita menyimpannya dengan baik dan benar. Berikut tips menyimpan madu asli agar tahan lama dan kualitasnya terjaga.

Simpan Madu Pada Tempat Tertutup

Ketika menyimpan madu jangan asal-asalan, karena anda harus memperhatikannya dengan benar agar madu awet dan tahan

Continue Reading

Tips Menyimpan Cabai Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

TIPS MENYIMPAN CABAI AGAR TETAP SEGAR

Cabai rawit merupakan salah satu bumbu masakan yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan, apalagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah pecinta masakan pedas.

Karena begitu banyaknya penggunaan cabai sebagai bumbu masakan, maka permintaan cabai semakin meningkat. Bahkan karena itu harganya pun semakin meningkat saja terlebih lagi jika masuk musim penghujan. Nah, karena harga cabai semakin hari semakin meningkat, biasanya banyak ibu rumah tangga membeli cabai dalam jumlah yang banyak agar memiliki persediaan yang cukup di dapurnya.

Namun, biasanya masalah yang selalu mereka hadapi yaitu cabai yang dibeli mudah busuk, bahkan tidak terpakai lagi. Mengetahui keadaan seperti ini tentunya sangat disayangkan sekali. Seharusnya cabai bisa bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan beberapa bulan. Tapi kebanyakan cabai yang dibeli hanya mampu bertahan selama beberapa hari saja. Yang mana penyebabnya yaitu karena tidak diperhatikannya cara penyimpanan yang baik dan benar.

Nah, bagi anda yang biasa menghadapi permasalahan seperti ini, untuk saat ini anda jangan merasa khawatir lagi.

Continue Reading

Tips Menyimpan Bawang Merah dengan Baik dan Benar Agar Tidak Mudah Busuk

TIPS MENYIMPAN BAWANG MERAH

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masakan yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan.

Kebanyakan ibu rumah tangga selalu membeli bumbu yang satu ini sebagai persediaan di rumahnya. Namun, banyak dari mereka yang mengeluh karena bawang merah yang dibelinya tersebut mudah busuk. Penyebab utama mudah busuknya bawang merah yaitu karena tidak disimpan dengan baik dan benar. Nah, berikut ini tips menyimpan bawang merah agar tidak mudah busuk.

Tips Menyimpan Bawang Merah dalam Keadaan Utuh

Setelah anda membeli bawang merah, terlebih lagi membelinya dalam jumlah yang cukup banyak, maka anda harus menyimpan bawang tersebut dalam suhu ruangan kering atau terbuka dengan sirkulasi udara yang lancar. Atau anda bisa menyimpan bawang tersebut pada wadah yang terbuka, kemudian simpan di tempat dengan suhu ruangan yang kering dan tidak lembab. Akan lebih baik jika anda menyimpan bawang bombay tersebut pada wadah terbuka yang memiliki pori-pori, seperti misalkan keranjang kecil. Anda bisa memilih keranjang dengan lubang yang

Continue Reading

Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai Agar Layak Pakai Lagi

TIPS MENJERNIHKAN MINYAK GORENG

Minyak goreng merupakan salah satu bahan dapur yang sangat penting, karena setiap memasak atau menggoreng kita menggunakan bahan yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui, semakin lama harga minyak goreng semakin meningkat. Agar tidak membeli minyak goreng yang baru secara terus menerus, kita juga bisa lebih menghemat yaitu dengan menjernihkan minyak goreng yang sudah dipakai.

Minyak goreng pada umumnya digunakan antara 2-3 kali. Namun, biasanya hanya sekali pakai saja minyak goreng sudah berubah warna menjadi keruh. Banyak orang tidak memanfaatkan minyak ini dan memilih membuangnya. Namun, tentunya sangat sayang jika minyak ini harus dibuang. Minyak goreng yang sudah tidak jernih tersebut bisa dimanfaatkan kembali, yang terpenting minyak tersebut dalam keadaan jernih. Oleh karena itu, anda harus menjernihkannya terlebih dahulu. Nah, berikut ini tips menjernihkan minyak goreng yang sudah tidak terpakai lagi.

Manfaatkan Nasi

Selain sebagai makanan pokok, nasi juga memiliki manfaat lainnya dalam hidup kita. Yang mana nasi bisa memudahkan

Continue Reading

Tips Mengolah Kikil Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

Tips mengolah kikil

Kikil sapi adalah salah satu bagian kulit sapi yang menempel atau melekat pada daerah sekitar kaki sapi.

Khususnya di Indonesia, bahan makanan yang satu ini sering diolah menjadi berbagai macam olahan masakan yang begitu lezat dan enak. Banyak sekali olahan masakan yang terbuat dari bahan dasar kikil sapi, seperti halnya sop kikil, tumis kikil, kikil kuah bening dan lain sebagainya.

Namun, mengolah kikil agar menjadi olahan masakan atau hidangan yang enak tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya masalah sering muncul ketika mengolahnya, seperti kikil sulit empuk dan bau amis yang luar biasa menyengat. Ditambah lagi dengan lendir yang menempel pada kikil.

Karena seperti itu, banyak orang yang justru mengurungkan niatnya untuk mengolah atau memasak kikil. Bahkan sebagai gantinya, mereka lebih memilih membeli olahan kikil yang sudah jadi.

Membeli olahan kikil yang sudah jadi bukanlah solusi yang tepat. Hal itu justru tidak akan membantu apabila anda mendapatkan kikil dalam keadaan mentah. Untuk

Continue Reading

Tips Rahasia Menghilangkan Bau Amis Ikan Lele

Tips bersihkan lele

Ikan lele merupakan jenis ikan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, karena ikan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat pada saat diolah dengan cara digoreng atau dengan cara lainnya.

Namun, dibalik rasanya yang nikmat tersebut ikan lele memiliki aroma yang sangat amis, bahkan aromanya tersebut susah hilang meskipun sudah dicuci dan diolah. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap bahwa mengolah ikan lele itu tidak mudah.

Banyak orang yang lebih memilih membeli olahan ikan lele yang sudah matang langsung dibandingkan harus mengolahnya sendiri di rumah. Dan memang pada kenyataannya banyak sekali pedagang ikan lele yang bisa kita temukan dengan mudah.

Namun, bagaimana jika pada saat itu anda mendapatkan ikan lele hidup yang belum diolah? Tentunya sayang bukan jika didiamkan begitu saja? Oleh sebab itu, anda harus tahu seperti apa tips mengolah lele agar tidak bau amis.

Sebenarnya ada tips rahasia seperti apa menghilangkan bau amis pada ikan lele.

Continue Reading

Tips Memasak Ati Ampela Ayam Agar Empuk dan Tidak Amis

Tips memasak ampela ayam

Ampela ayam merupakan salah satu bagian ayam yang sering diabaikan, karena teksturnya keras dan baunya cukup amis.

Ketika mengolah ampela ayam, banyak orang yang merasa kesulitan. Padahal sebenarnya, ampela ayam bisa diolah mejadi hidangan yang begitu lezat dan nikmat atau bisa dijadikan campuran nasi goreng.

Karena tektsurnya yang keras dan baunya yang amis, jangan sampai anda mengurungkan niat untuk memasak ati ampela ayam. Anda jangan merasa khawatir karena ada tips rahasia seperti apa cara mengolah ampela agar empuk dan tidak amis, sehinga hasil masakannya lebih enak, lezat, dan gurih.

Lantas seperti apa tipsnya? Anda bisa simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui tips memasak ati ampela agar empuk dan tidak bau amis.

Tips Memasak Ati Ampela Ayam Agar Empuk

Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu, rebus ati ampela terlebih dahulu. Merebus ampela akan membuatnya  menjadi lebih empuk serta aroma amisnya akan hilang. Setelah itu, anda bisa langsung mengolah atau

Continue Reading

Tips Memilih Minyak Goreng Berkualitas dan Sehat

TIPS MEMILIH MINYAK GORENG BERKUALITAS

Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang sangat diperlukan ketika memasak, bahkan kehadirannya selalu ada di setiap dapur keluarga meskipun pada kenyataannya mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung minyak tidak baik untuk kesehatan.

Karena penggunaannya tidak bisa ditinggalkan, oleh karena itu kita tidak harus meninggalkannya namun harus lebih cerdas dalam memilih dan menggunakan minyak goreng itu sendiri.

Meskipun membeli minyak adalah hal yang biasa, namun faktanya masih banyak wanita yang masih belum tahu seperti apa minyak yang berkualitas dan sebaliknya. Untuk itulah, banyak wanita yang justru terjebak ketika membelinya.

Memilih dan membeli minyak goreng yang baik, berkualitas dan sehat adalah penting untuk dilakukan, karena seperti yang kita ketahui memilih minyak goreng akan berpengaruh pada kesehatan seluruh keluarga. Baca Juga: Cara Membuat Nasi Goreng

Ada tips tertentu yang bisa anda terapkan ketika hendak memilih atau membeli minyak goreng. Tips ini sangat bermanfaat dan bisa membantu anda. Lantas seperti apa tipsnya? Untuk mengetahuinya

Continue Reading

Tips Menyimpan Telur Agar Lebih Awet, Tahan Lama dan Nutrisinya Terjaga

TIPS MEMILIH DAN MENYIMPAN TELUR

Telur merupakan salah satu bahan makanan atau lauk pilihan keluarga, karena selain memiliki kandungan bergizi, juga bisa diolah menjadi menu makanan yang begitu enak dan nikmat.

Biasanya banyak orang membeli telur secara sekaligus sebagai persediaan di rumah. Telur pada dasarnya bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun meskipun begitu, anda juga harus memperhatikan kelayakan telur itu sendiri, apakah telur masih mengandung nutrisi yang sama atau justru sebaliknya.

Untuk menjaga kelayakan telur dan keawetannya, kita harus memperhatikan seperti apa cara menyimpan telur itu sendiri. Karena menyimpan telur dengan cara yang tidak tepat justru akan merusaknya dan membuatnya tidak awet.

Nah, bagi anda yang tidak tahu seperti apa cara menyimpan telur untuk menjaganya tetap awet dan nutrisinya terjaga, anda bisa simak langsung tipsnya di bawah ini. Baca juga: Cara Membuat Sayur Bayam

Tips Menyimpan Telur Agar Lebih Awet, Tahan Lama dan Nutrisinya Terjaga

Beli telur yang masih utuh atau baru

Continue Reading

Tips Memilih atau Membeli Beras yang Berkualitas dan Sehat

TIPS MEMILIH BERAS

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia.

Saat ini berbagai jenis beras sudah hadir dan muncul di tengah-tengah masyarakat dengan kualitas yang berbeda-beda.

Namun, seperti yang kita ketahui, banyak pedagang menggunakan cara apapun untuk mengeruk atau mendapatkan penghasilan yang lebih. Untuk itu, tidak jarang mereka menggunakan cara curang untuk mendapatkan apa yang mereka harapkan tersebut. Dimana salah satunya yaitu mencampurkan beras dagangannya dengan bahan kimia tertentu. Yang mana bahan kimia tersebut berbahaya untuk tubuh, seperti halnya pemutih atau bahan kimia tertentu untuk meningkatkan aroma yang dikeluarkan oleh beras itu sendiri. Bahkan yang lebih parahnya ada beberapa pedagang yang menjual beras berbahan dasar plastik. Mengetahui seperti ini, maka tugas kitalah untuk lebih hati hati dan waspada.

Sebagai ibu cerdas untuk anak dan suami, anda harus teliti ketika hendak membeli bahan-bahan makanan. Jangan sampai anda tergiur oleh barang murah namun justru dapat mengancam kesehatan.

Untuk menghindari salah pilih beras, maka ada cara efektif

Continue Reading

Tips Memasak Bebek Agar Mudah Empuk dan Tidak Bau Amis

TIPS MEMASAKBEBEK AGAR TIDAK BAU AMIS

Menu olahan bebek merupakan salah satu menu favorit atau digemari oleh banyak orang, karena daging bebek diyakini memiliki cita rasa yang begitu nikmat dan gurih dibandingkan dengan unggas lainnya.

Bebek bisa disajikan dalam berbagai macam menu tertentu, baik dipanggang, digoreng, ditumis dan dimasak dengan campuran bumbu lainnya.

Daging bebek cenderung lebih amis dan susah diolah dibandingkan dengan daging unggas lainnya. Bahkan apabila kita salah mengolah, maka dagingnya pun akan menjadi alot dan cenderung lebih amis, sehingga tidak akan nikmat ketika disantap. Oleh sebab itu, dibutuhkan tips dan trik tertentu ketika mengolah daging bebek agar mudah empuk dan tidak amis.

Banyak orang yang tidak mengetahui seperti apa cara mengolah atau memasak daging bebek. Namun, untuk saat ini anda jangan merasa khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips memasak bebek agar mudah empuk dan tidak bau amis. Tips ini sangat bermanfaat dan bisa anda aplikasikan di dapur ketika memasak

Continue Reading

Tips Jitu Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup-Letup

CARA MENGGORENG IKAN

Ikan merupakan salah satu menu makan yang banyak digemari.

Namun, meskipun begitu banyak masalah yang muncul ketika kita hendak menggoreng ikan, seperti lengket atau menempel pada wajan sehingga menyebabkan dagingnya menjadi hancur, atau minyak meletup dan keluar sehingga akan melukai kulit. Oleh karena itulah, banyak orang yang merasa malas ketika hendak mengolah atau menggoreng ikan.

Karena ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi cukup lengkap, maka sangat direkomendasikan sebagai hidangan keluarga. Hanya karena malas dan takut keika menggorengnya jangan sampai anda meninggalkan menu yang satu ini.

Nah, sebenarnya ada cara atau tips tertentu ketika menggoreng ikan agar ikan tidak lengket dan minyak tidak meletup keluar. Seperti apa caranya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Tips Agar Ikan Tidak Lengket Ketika Digoreng

Panaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuangkan minyak

Kebiasaan kita ketika menggoreng sesuatu yaitu, menuangkan minyak terlebih dahulu baru setelah itu memanaskannya di dalam wajan. Namun,

Continue Reading

Cara Hilangkan atau Bersihkan Duri Ikan Bandeng dengan Mudah dan Cepat

CARA BERSIHKAN DURI IKAN BANDENG

Salah satu ikan yang digemari banyak orang yaitu ikan bandeng.

Selain memiliki kandungan yang bergizi, ikan bandeng juga memiliki rasa yang enak, gurih dan lembut. Ikan bandeng bisa diolah menjadi berbagai macam olahan masakan yang lezat. Namun, dibalik kelezatannya tersebut ada kekesalan yang tersembunyi ketika menyantapnya karena banyak duri yang menempel pada dagingnya. Bahkan apabila duri tertelan akan menimbulkan sakit di area tenggorokan.

Agar terhindar dari duri ikan bandeng dan bisa menikmati dagingnya tanpa harus kerepotan, biasanya banyak orang membeli ikan bandeng yang sudah dipresto. Lantas bagaimana jika pada saat itu anda dihadapkan dengan ikan bandeng segar?

Untuk itu, anda harus tahu seperti apa cara membersihkan duri ikan bandeng dengan cepat dan mudah. Membersihkan duri ikan bandeng bisa dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama yaitu mencegah agar duri tersebut tidak menyebar, sedangkan cara yang kedua yaitu membersihkan durinya secara tuntas namun dengan cara ini daging ikan bandeng akan hancur.

Continue Reading

Trik Hilangkan Bau Amis Pada Tangan Setelah Memasak

CARA HILANGKAN BAU AMIS PADA TANGAN

Ikan dan daging merupakan menu makanan yang memang banyak disukai, yang mana kedua bahan makanan ini bisa diolah menjadi berbagai macam olahan masakan tertentu.

Ketika kita mengolah bahan-bahan makanan itu, tentunya tangan kita akan bersentuhan secara langsung jika tidak menggunakan sarung tangan. Yang mana biasanya baunya tersebut akan menempel pada tangan jika tidak segera dibersihkan. Bahkan mungkin setelah dibersihkan pun bau akan tetap tinggal.

Bau amis pada ikan memang terkadang cukup sulit untuk dihilangkan, oleh karena itu diperlukan trik lain selain menggunakan sabun untuk mengilangkan bau yang tidak sedap tersebut. Bahan-bahan di sekitar kita bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau amis pada tangan setelah  memasak. Lantas apa saja bahan yang dimaksud dan bagaimana cara menghilangkan bau amis pada tangan setelah memasak? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Trik Hilangkan Bau Amis Pada Tangan Setelah Memasak

1. Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan. Selain

Continue Reading

Tips Baik dan Benar Memasak Ayam Agar Terbebas dari Bakteri

TIPS MENGOLAH AYAM AGAR TERBEBAS DARI BAKTERI

Agar lebih mudah, biasanya para ibu rumah tangga membeli stok makanan sekaligus dan menyimpannya di rumah.

Namun jika ada stok daging ayam di dalamnya, kita harus lebih hati-hati karena seperti yang kita ketahui daging ayam mudah busuk dan tidak bisa bertahan lama. Jika kita tidak benar-benar memperhatikannya, baik itu ketika menyimpan, memasak dan setelah memasak maka olahan daging ayam bisa saja terkontaminasi bakteri sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Ketika membeli daging ayam, kita harus mengetahui seperti apa teknik menyimpan daging sebelum dimasak agar daging tetap sehat dan nutrisinya tidak hilang. Selain itu, ketika memasak pun kita harus memperhatikan cara yang baik dan benar agar daging ayam terhindar dari bakteri yang akan mengkontaminasi. Tidak hanya itu, setelah memasak pun kita harus memperhatikan cara penyimpanannya yang tepat agar daging bisa bertahan lama.

Kebanyakan orang tidak memperhatikan secara detail hal itu karena kurangnya informasi, sehingga mereka tidak sadar daging ayam yang dibelinya terkontaminasi

Continue Reading

Tips Mengolah Daging Ayam Kampung Agar Lebih Mudah Empuk dan Lunak

TIPS MENGOLAH DAGING AYAM KAMPUNG AGAR CEPAT EMPUK

Daging ayam merupakan salah satu daging yang paling banyak diminati setelah daging sapi dan kambing.

Daging ayam itu sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan jenis ayam itu sendiri. Daging ayam kampung merupakan daging yang dianggap lebih sehat dibandingkan dengan ayam lainnya, karena daging ayam kampung rendah akan kandungan lemak.

Selain unggul dalam kandungannya, daging ayam kampung juga bisa diolah menjadi berbagai macam resep yang lezat dan nikmat, terlebih lagi dimanfaatkan untuk membuat kaldu ayam.

Meskipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan daging ayam lainnya, tetapi daging ayam kampung juga tidak luput dari kekurangan. Dimana dagingnya lebih alot atau keras dibandingkan dengan ayam lainnya, sehingga dengan begitu ketika memasaknya diperlukan waktu yang cukup lama.

Meskipun sudah dimasak dalam waktu yang cukup lama, tapi terkadang daging masih tetap keras dan alot sehingga akan sulit dimakan. Keadaan seperti ini tentunya akan membuat banyak orang kesal, bahkan tidak sedikit mereka lebih memilih daging ayam

Continue Reading

Tips dan Trik Mengolah Sayur Agar Tidak Pahit

TIPS MENGOLAH SAYURAN PAHIT

Sayuran pahit biasanya tidak banyak disukai, karena selain memiliki rasa yang pahit juga akan menurunkan selera makan.

Pahit memang salah satu rasa yang tidak disukai pada setiap makanan. Namun, sayuran pahit bukan berarti sayuran yang tidak sehat, justru sebaliknya sayuran pahit memiliki manfaat tertentu yang baik untuk kesehatan. Ada beberapa jenis sayuran pahit di antaranya yaitu pare, lobak, daun pepaya, sawi dan lain sebagainya.

Karena tidak suka akan rasa pahitnya, banyak orang justru menghindari sayuran tersebut dan lebih memilih sayuran lainnya. Menghindari sayuran tersebut bukanlah solusi yang tepat, mengapa demikian? Ya karena kita bisa mensiasati rasa pahit yang ada. Ada tips dan trik mengolah sayuran tersebut agar tidak pahit ketika dimakan. Tips dan trik ini bisa membantu anda ketika mengolah sayuran yang sudah disebutkan seperti di atas. Berikut tips dan trik mengolah sayuran agar tidak pahit.

Tips dan Trik Mengolah Sayur Agar Tidak Pahit

Jangan memasaknya terlalu lama

Untuk mendapatkan

Continue Reading

Tips Mudah dan Bermanfaat Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Tips menghilangkan bau amis pada ikan

Selain daging, ikan juga merupakan salah satu bahan masakan yang banyak diolah sebagai menu makan.

Ikan memiliki daging yang sehat serta kaya akan protein. Tidak hanya itu, ikan juga merupakan makanan yang kaya dengan omega 3, sehingga dengan begitu akan sangat baik untuk kesehatan serta kecerdasan otak.

Ikan bisa diolah menjadi berbagai masakan sesuai dengan yang kita inginkan. Namun mungkin, beberapa orang merasa malas untuk mengolah ikan karena baunya yang amis.

Bau amis pada ikan pada dasarnya bisa dikurangi atau dihilangkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dengan bahan alami ini rasa ikan dipastikan tidak akan hilang, yang terpenting dengan takaran tertentu. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan? Untuk lebih jelasnya anda bisa simak pembahasan di bawah.

Air lemon

Langkah menghilangkan bau amis pada ikan dengan menggunakan leom cukup mudah dan sederhana. Dimana langkah yang harus

Continue Reading

Tips Memilih dan Menyimpan Daging Ayam yang Baik dan Benar

Tips memilih dan menyimpan daging ayam

Daging ayam merupakan jenis daging yang paling sering dimasak oleh ibu-ibu rumah tangga ketika hendak menyajikan menu makan di rumah.

Selain itu, daging ayam pun memiliki harga yang tidak terlalu mahal seperti halnya daging sapi dan daging kambing. Tidak hanya itu saja, cara mengolahnya pun terbilang cukup mudah, serta variasi dari olahannya pun cukup beragam, seperti misalkan opor ayam, ayam goreng, kari ayam, ayam semur dan lain sebagainya.

Namun meskipun begitu, cara memilih dan menyimpannya pun tidak boleh sembarangan, karena jika kita salah memilih dan menyimpan daging ayam maka kualitas yang didapatkan pun akan menjadi tidak bagus.

Nah, di bawah ini tips memilih dan menyimpan daging ayam yang bisa anda simak.

Tips Memilih dan Menyimpan Daging Ayam yang Baik dan Benar

Tips memilih daging ayam

  1. Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu, pilihlah daging ayam yang masih dalam keadaan segar atau tidak ada tanda memarnya.
  2. Selain itu, anda juga harus memilih daging

Continue Reading

Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing Agar Tetap Segar, Awet dan Tidak Mudah Basi

Tips menyimpan daging agar tetap segar

Daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat penting untuk tubuh.

Namun, apabila kita tidak tahu seperti apa cara menyimpan daging dengan baik dan benar, maka protein yang ada di dalamnya pun akan mudah hilang. Tidak hanya menghilangkan kandungannya saja, penyimpnan yang tidak benar juga akan membuat kondisinya menjadi rusak dan mudah basi.

Seperti yang kita ketahui, daging memiliki berbagai macam jenis seperti daging sapi, daging kambing dan daging yang lainnya. Nah, dari daging sapi dan daging kambing itu sendiri memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda.

Dan di bawah ini tips menyimpan daging sapi dan daging kambing yang bisa anda simak.

Tips menyimpan daging sapi

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sangat populer di tengah-tengah masyarakat. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu seperti apa cara menyimpan daging sapi dengan benar dan baik. Di bawah ini cara menyimpan daging sapi dengan baik dan benar.

1. Suhu

Suhu merupakan salah satu faktor

Continue Reading

Tips atau Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau

Tips mengolah daging agar tidak bau

Daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang tidak bisa dihindari lagi, bahkan daging ini tidak akan terlupakan terlebih lagi ketika Idul Adha.

Namun sayangnya, mengolah daging kambing tidak semudah mengolah daging yang lainnya. Mengapa demikian? Karena daging kambing memiliki aroma yang sangat kuat atau biasanya disebut dengan bau prengus, dimana bau ini sering mengganggu kenikmatan ketika menyantapnya.

Bau prengus yang ditimbulkan ini sebenarnya bisa dihilangkan jika kita mengolahnya dengan benar. Cara pengolahan daging kambing yang tidak benar, justru akan menambah aromanya menjadi lebih tidak sedap.

Nah, di bawah ini tips mengolah daging kambing agar tidak bau.

Tips atau Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau

Cuci daging sampai bersih

Langkah yang paling mudah untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing yaitu dengan mencucinya sampai bersih. Bau prengus yang muncul merupakan bau yang berasal dari daging itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan jika bau tersebut pun muncul disebabkan oleh bakteri

Continue Reading

Tips Mengolah Daging Agar Empuk, Lunak dan Tidak Alot

Tips mengolah daging agar empuk

Daging merupakan salah satu menu populer dan favorit kebanyakan orang, dimana bahan masakan yang satu ini tinggi akan protein, zat besi serta kalsium yang pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak sekali jenis daging yang bisa kita temui, seperti daging sapi, daging kambing, daging ayam, daging bebek dan lainnya sebagainya.

Daging-daging tersebut bisa kita oleh menjadi berbagai macam menu yang lezat. Namun, tantangan ketika mengolah daging yang sering ditemui yaitu, apa yang harus dilakukan agar daging cepat empuk?

Ada beberapa cara alternatif untuk membuat daging cepat empuk, dimana cara ini merupakan cara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Lantas seperti apa caranya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Tips Mengolah  Daging Agar Empuk, Lunak dan Tidak Alot

Memanfaatkan pepaya

Daun pepaya memiliki enzim yang disebut dengan enzim papain, dimana enzim ini sangat bermanfaat untuk mengempukan daging. Cara mengempukan daging dengan pepaya sangat mudah, anda cukup meremas-remas daun pepaya muda

Continue Reading

Tips Membeli atau Memilih Daging Sapi yang Baik, Sehat dan Segar

Tips memilih daging sapi

Daging merupakan salah satu bahan masakan yang kaya akan protein.

Meskipun harganya relatif mahal, tetapi daging masih banyak diburu dan setelah diolah akan menjadi makanan primadona hampir semua orang.

Banyak sekali orang yang merasa tertipu ketika membeli daging sapi baik di pasar atau di supermarket, hal ini disebabkan karena memilih daging memang bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Selaih itu juga, banyak sekali bagian-bagian daging sapi yang kerap kali membuat kita bingung dan tidak teliti ketika membeli atau memilihnya. Justru yang ada malah membuat makanan yang kita konsumsi menjadi tidak sehat.

Sebenarnya ada beberapa tips yang harus dilakukan ketika anda membeli atau memilih daging sapi. Tips ini sangat bermanfaat sekali terlebih lagi bagi anda yang masih awam. Lantas seperti apa tips memilih daging sapi yang masih segar dan sehat? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Tips Membeli atau Memilih Daging Sapi yang Baik, Sehat dan Segar

1. Perhatikan

Continue Reading

  • 1
  • 2