• Selerasa.com

Tips dan Tricks

aneka tips dan trik

Temukan tips dan trik menarik dari mengolah bahan-bahan yang ada disekitar anda menjadi sesuatu yang berguna yang dapat anda gunakan kembali. Dengan menyimak tips dan trik kali ini diharapkan mampu membantu anda mengolah bahan-bahan yang tak terduga menjadi bernilai guna. Yuk, simak disini tips dan tricksnya. 

Tips Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin

TIPS-MEMBEDAKAN-AYAM-SEHAT-DAN-TIDAK-SEHAT.jpg

Makanan yang enak dan sehat merupakan makanan yang unggul dalam cita rasanya, serta kandungan dari bahan makanan yang digunakan tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, makanan yang enak dan sehat tidak selamanya harus memperhatikan dalam hal cita rasa atau kandungan dari bahan makanan itu sendiri, karena bisa saja bahan makanan yang digunakan untuk memasak yang kita anggap sehat dari segi kandungannya ternyata sudah tidak sehat karena dimanipulasi oleh pedagang atau lain sebagainya. Hal ini biasanya dilakukan oleh para pedagang curang untuk mengambil keuntungan yang lebih besar. Nah, salah satu bahan makanan yang sering dimanipulasi atau diakali yaitu ayam. Ayam diakali dengan berbagai cara agar terlihat tetap segar, namun faktanya ayam tersebut sudah lama atau busuk.

Seperti yang kita ketahui, menjelang hari raya atau lebaran permintaan bahan makanan seperti daging ayam memang sangat meningkat di pasaran. Ketika anda membeli ayam, anda harus lebih selektif dan berhati hati dalam memilih dan

Continue Reading

Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

10.TIPS-MENYIMPAN-SANTAN.jpg

Santan merupakan cairan putih yang berasal dari kelapa. Santan biasanya digunakan untuk memasak sayur atau hidangan tertentu. Dengan tambahan santan, hidangan yang dibuat akan terasa lebih enak dan gurih. Santan itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni santan kental, santan cair, santan instan dan lain sebagainya.

Nah, karena begitu pentingnya santan untuk masakan, maka tidak jarang ibu ibu membeli atau membuatnya dalam jumlah yang banyak sebagai stock. Namun,  santan yang disimpan  biasanya cepat basi dan tidak tahan lama meskipun baru disimpan beberapa hari saja.

Tips menyimpan santan yang baik dan benar harus anda ketahui agar santan tetap tahan lama, baik itu santan segar atau santan dalam kemasan. Jika santan tahan lama, anda bisa memakainya kembali dan tidak usah repot-repot untuk membelinya lagi, sehingga anda pun akan lebih hemat. Lantas apa saja tips menyimpan santan kelapa agar awet dan tidak mudah basi? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

Continue Reading

Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Sehat, Bergizi dan Tidak Menjadi Racun

9.TIPS-MENYIMPAN-MAKANAN-AGAR-TETAP-SEHAT.jpg

Untuk memudahkan pekerjaan biasanya banyak ibu rumah tangga memasak makanan dalam jumlah yang banyak sebagai persediaan atau stock.

Namun, faktanya menyimpan makanan terlalu lama akan membuat makanan mudah basi dan kandungannya hilang. Jikapun ingin seperti itu, ketika menyimpannya anda harus mengetahui terlebih dahulu tips menyimpan makanan yang baik dan  benar agar makanan tersebut tidak berubah menjadi racun.

Lantas apa saja tips menyimpan makanan agar tetap sehat dan tidak berubah menjadi racun? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasannya di bawah ini.

Jangan simpan makanan terlalu lama di meja makan

Setelah memasak atau setelah makan biasanya banyak ibu lupa tidak menyimpan makanannya dengan baik. Yang mana makanan tersebut dibiarkan berada di meja makan dalam waktu yang cukup lama. Keadaan seperti ini tentunya akan membuat bakteri mudah berkembang biak pada makanan, sehingga makanan akan mejadi rusak dan bahaya apabila dikonsumsi. Keadaan akan bertambah parah apabila makanan yang tidak disimpan dengan baik dan

Continue Reading

Tips Memilih Telur Asin Segar dan Berkualitas

7.TIPS-MEMILIH-TELLUR-ASIN.jpg

Apakah anda salah satu pecinta telur asin? Telur asin merupakan olahan yang terbuat dari telur bebek. Olahan ini memang cocok dijadikan sebagai pendamping menu di meja makan.

Telur asin begitu nikmat ketika disantap dalam keadaan utuh. Namun, selain itu telur asin juga bisa dijadikan sebagai bahan dalam hidangan tertentu. Banyak hidangan sedap diberi bahan pelengkap telur asin. Yang mana kehadiran telur asin ini akan membuatnya lebih spesial dan istimewa.

Tidak selamanya telur asin yang dijual di pasaran merupakan telur segar dan berkualitas. Oleh karena itu, pada saat anda membelinya di pasar anda harus hati-hati karena banyak telur asin yang sudah  lama dan basi. Jika anda salah pilih, maka selain akan mempengaruhi hidangan yang akan anda buat juga akan mempengaruhi kesehatan anda dan keluarga.

Ketika memilih telur asin yang segar dan berkualitas anda harus tahu terlebih dahulu seperti apa tipsnya. Tips memilih telur asin ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Nah, bagi

Continue Reading

Tips Memilih Daging Cincang yang Sehat dan Segar

6.TIPS-MEMILIH-DAGING-CINCANG.jpg

Seperti yang kita ketahui, saat ini harga daging semakin meningkat dan melambung tinggi.

Oleh karena itu, hidangan yang terbuat dari bahan dasar daging biasanya dianggap sebagai menu istimew, bahkan hanya ada pada acara-acara tertentu saja. Nah, daging biasanya diolah dengan cara tersendiri sebelum akhirnya dimasak, baik itu digiling, dicincang atau hanya dipotong-potong saja. Mengolah daging dengan cara dicincang merupakan cara hemat. Daging cincang bisa diolah menjadi berbagai hidangan atau menu tertentu, anda bisa memasaknya sesuai dengan selera anda untuk dihidangkan di tengah keluarga tercinta di rumah.

Dibandingkan dengan daging yang sudah dipotong, daging cincang terpapar oleh oksigen lebih banyak dan besar. Oleh karena itu, daging cincang biasanya akan lebih mudah mengalami perubahan warna. Selain itu, daging ini juga mudah basi.

Memilih daging cincang yang baik dan benar harus dilakukan demi mengdapatkan hidangan yang sehat dan bergizi. Ketika membelinya, anda harus bisa membedakan mana daging yang masih dalam keadaan segar atau

Continue Reading